23 October 2012

Stabilizer Voltage untuk menjaga peralatan dari kerusakan akibat turun naiktegangan

 

Stabilizer Voltage untuk menjaga peralatan dari kerusakan akibat turun naik tegangan  - Semua perangkat elektronik umumnya dirancang untuk bekerja dalam level tegangan (listrik) tertentu. Mereka bisa rusak, kadang-kadang bisa diperbaiki jika terjadi fluktuasi (tidak stabil) tegangan atau spanning listrik. Menjadi mahal dan penting untuk peralatan listrik seperti komputer, AC, kulkas dan televisi perlu dilindungi dari fluktuasi seperti ini. Itulah mengapa diperlukan pengatur tegangan atau stabilizer voltage. Banyak orang mengenalnya dengan nama Stavolt (singkatan dari Stabilizer Voltage/men-stabil-kan tegangan) atau Regulator voltage (pengatur tegangan).
Daripada peralatan listrik rusak akibat fluktuasi spanning listrik, lebih baik sediakan Stabilizer Voltage (stavolt).
Daripada peralatan listrik rusak akibat fluktuasi spanning listrik, lebih baik sediakan Stabilizer Voltage (stavolt).


Sebuah pengatur tegangan adalah perangkat listrik yang dirancang untuk secara otomatis menjaga tingkat tegangan yang konstan. Tujuan utama dari regulator tegangan untuk membuat tegangan yang diberikan oleh line atau jaringan sama dengan tegangan suplai yang dibutuhkan oleh perangkat listrik. Dengan kata mudah tugasnya adalah untuk memastikan bahwa peralatan listrik berharga Anda tidak merasakan fluktuasi tegangan pada jalur utama, sehingga melindungi mereka dari kerusakan.

Jenis dan Penggunaan Voltage Stabilizer

Ada beberapa jenis regulator tegangan tergantung pada desain internal mereka, bagaimana mereka bekerja, di mana mereka dapat digunakan, kapasitas dan banyak hal lainnya. Kadang disertai petunjuk dalam bahasa Inggris, yang mungkin sangat sulit bagi anda untuk memahami bahasa ilmiah yang hanya akan berarti omong kosong untuk Anda. Jadi marilah kita mencoba untuk tetap sederhana dan hanya berbicara tentang hal-hal yang penting bagi Anda.
Voltage regulator terutama terdiri dari dua macam - AC dan DC. Regulator tegangan AC ( alternative current - arus bolak-balik) paling banyak digunakan pada perangkat elektronik saat ini. Di sisi lain, stabilisator tegangan DC (Direct Current - arus searah) adalah bagi perangkat yang menggunakan arus searah seperti salah satu baterai. Untuk kebanyakan kasus, Anda memerlukan regulator tegangan AC. Kadang-kadang, meskipun stabilisator tegangan DC juga diperlukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Selain dari yang elektronik bertenaga baterai, DC saat ini terutama digunakan untuk perangkat listrik yang membutuhkan pasokan listrik yang konstan dan rendah. Lampu motion sensing outdoor, telepon tanpa kabel dan mesin pesan dan sistem alarm adalah contoh yang dari pengguna listrik DC. Untuk jenis kasus khusus Anda akan memerlukan regulator tegangan DC.
Ada beberapa jenis lain regulator tegangan. Mari kita berasumsi bahwa Anda bukan mahasiswa/lulusan teknik. Dalam hal bahwa lebih baik bagi Anda untuk tetap pada stabilisator tegangan yang dirancang khusus untuk mesin tertentu. Sebagai contoh Anda mungkin ingin stabilizer khusus yang dibuat untuk kulkas untuk lemari pendingin anda.

Perhitungan Membeli sebuah Sebuah Regulator Tegangan

Ketika Anda berbelanja untuk stabilizer tegangan yang baik untuk barang-barang elektronik berharga Anda, ada beberapa hal yang harus diingat :
Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah kapasitas regulator tegangan. Hal ini dilambangkan oleh VA (Volt-ampere). Biasanya, Anda akan menemukan kapasitas tertulis pada regulator (yaitu 500VA). Sekarang, jika Anda tidak yakin apa yang cocok untuk kapasitas alat listrik Anda, di sini adalah cara mudah untuk mencari tahu. Pertama mengetahui tegangan yang diperlukan (yaitu 220V) dan konsumsi arus (yaitu 1000W) dari alat elektronik Anda. Mereka biasanya tertulis di bagian belakang barang elektronik anda. Sekarang kalikan kedua angka dan mengambil akar kuadrat dari produk. Hasilnya akan memberi Anda gambaran tentang kapasitas yang diperlukan regulator tegangan Anda. Misalnya, jika kulkas membutuhkan tegangan 220V dan daya 1000W, kapasitas regulator yang diperlukan akan sekitar 470VA (akar kuadrat dari 220 X 1000). Jadi untuk lemari pendingin ini yang terbaik adalah mencari regulator tegangan dengan kapasitas 500VA.
Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuan regulator untuk menangani fluktuasi tegangan. Hal ini tergantung kebutuhan tertentu pada area dimana regulator tersebut akan digunakan. Anda harus mengetahui tegangan terendah dan tertinggi di daerah Anda dan mencari regulator yang mampu menangani rentang tegangan tersebut. Sebagai contoh, jika tegangan di daerah Anda bisa drop sampai serendah 180V ( biasanya pada sore, petang dan malam hari ketika sebagian besar menggunakan listrik) dan naik setinggi 250V (biasanya saat tengah malam) maka regulator yang cocok untuk daerah Anda harus memiliki rating rentang tegangan masukan setidaknya 180V sampai 250V. Jika Anda tidak yakin tentang tegangan terendah dan tertinggi di daerah Anda, lebih baik untuk berkonsultasi dengan costumer service layanan listrik (PLN) di daerah anda.
Output tegangan voltage regulator itu harus sama dengan kebutuhan perangkat Anda. Jika perangkat membutuhkan 220V maka tegangan output regulator harus 220V.
Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah akurasi output. Tegangan output dari regulator jarang persis seperti yang ditentukan. Ia selalu datang dengan toleransi atau kesalahan. Toleransi yang lebih rendah, semakin akurat itu. Untuk desain regulator hemat biaya dan aplikasi yang kurang sensitif dengan toleransi khas dapat diterima, normal, + / - 10% dari tegangan output yang dibutuhkan.
Respon waktu (Time Response) merupakan faktor penting untuk regulator tegangan. Respon waktu regulator menentukan seberapa cepat dapat mengatasi fluktuasi tegangan. Parameter ini sangat penting terutama ketika fluktuasi yang ekstrim dan ini dapat menentukan apakah regulator tersebut efektif atau tidak untuk kebutuhan anda.
Ada banyak jenis stavolt di pasar dengan banyak fitur tambahan. Anda mungkin ingin dipasang stabilizer dinding agar jauh dari jangkauan anak-anak atau Anda mungkin ingin cari yang cocok dengan dekorasi Anda. Tapi, apa pun tambahan fitur yang Anda pilih, Anda harus terlebih dahulu memeriksa faktor penting di atas, atau pembelian anda dinyatakan terbukti tak ada gunanya dan sangat mahal.
Untuk menghindari resiko bahaya kerusakan alat listrik dari mati listrik mendadak (byar pet), maka sebaiknya anda menggunakan UPS (Uninterupted Power Supply).

Kesimpulan

Sebuah stavolt melindungi peralatan elektronik Anda yang paling penting dari bahaya fluktuasi listrik. Jadi tidak membuat kesalahan ketika memilih regulator yang tepat untuk Anda. Sebuah keputusan yang salah mungkin harus dibayar dengan biaya mahal.

Sumber : http://www.etcshow.com/news/teknologi/stabilizer-voltage-untuk-menjaga-peralatan-listrik.html

2 comments:
Write komentar
  1. Gan mau tanya, apakah sudah ada/dibuat pabrik alat pemutus aliran listrik otomatis ketika tegangan listrik di rumah tiba-tiba naik/berlebih kalo ada apa nama alatnya dan di mana bisa pesan.

    Mohon info ke asepsp@gmail.com Terima kasih,

    ReplyDelete
  2. Sory gan mau kasi tambahan kalau alat listrik satuan VA itu masih ada perkalian Faktor Daya...
    maka sebuah stabilizer 500VA X 0,7 = 350W. Maka Daya maksimal stabilizer itu hanya 350Watt. Semoga Membantu

    ReplyDelete