Sistem operasi komputer paling populer, Windows XP, telah menapaki tahun terakhirnya. Hal ini dipastikan oleh Microsoft yang mengatakan bahwa dukungan terhadap Windows XP akan berakhir satu tahun dari sekarang atau tepatnya 8 April 2014.


Windows XP adalah sistem operasi paling sukses yang pernah dirilis Microsoft. Bagaimana tidak, sejak diluncurkan tahun 2001 silam, OS tersebut masih dipakai oleh 11,4 juta pengguna PC di Indonesia.

Angka tersebut berdasarkan perkiraan lembaga riset IDC yang tercantum dalam keterangan pers yang diterima Kompas Tekno, dan melambangkan 43 persen pangsa sistem operasi desktop di Tanah Air.

Namun, pihak Microsoft mengimbau sekian juta pengguna tersebut untuk segera upgrade ke sistem operasi Windows yang lebih baru.

Pasalnya, dukungan extended support untuk Windows XP akan dihentikan pada 8 April 2014, atau persis setahun dari sekarang.
Windows XP diketahui terakhir memperoleh dukungan pada April 2009 lalu. Saat itu Microsoft merilis Service Pack 3, setelahnya dan hingga saat ini, Windows XP masih belum mendapatkan update apa-apa lagi dari Microsoft.

Namun, perusahaan besutan Bill Gates itu mengatakan bahwa mereka sedang mengerjakan update terbaru yang akan diluncurkannya satu tahun dari sekarang. Ini pula yang akan menjadi update terakhir bagi Windows XP. Diduga, update tersebut akan hadir sebagai Service Pack 4 Windows XP.

"Setelah 8 April 2014, tidak akan ada lagi dukungan untuk Windows XP seperti update security terbaru, non-security hotfix, atapun dukungan layanan teknis dari Microsoft," ucap Stephen L. Rose, Manajer Senior Product Marketing bidang Windows Commercial Microsoft pada blog Microsoft seperti dikutip detikINET, Selasa (9/4/2013).

"Menjalankan Windows XP dan Office 2003 setelah masa dukungan berakhir berpotensi pada risiko kerusakan," tambah Rose.

Risiko yang dimaksud Rose, termasuk kerentanan keamanan dan kemungkinan inkompatibilitas terhadap aplikasi terbaru. Demi menghindari risiko tersebut, Rose menyarankan pengguna untuk beralih menuju Windows 7 atau Windows 8.

Rose juga menambahkan, bagi pengguna Windows XP yang ingin langsung beralih ke Windows 8 agar mem-backup datanya terlebih dahulu. Sebab untuk melakukan upgrade Windows XP ke Windows 8 hanya dapat dilakukan dengan cara fresh instal.


Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/09/142336/2215502/398/tahun-terakhir-windows-xp
Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top