Tinta Asli dengan Tinta isi Ulang - Lebih untung mana pake tinta asli atau pake tinta isi ulang (tinta refill). Tinta isi ulang sudah sangat populer di masyarakat dibandingkan dengan tinta asli yang harganya lumayan mahal. Sebagaimana kita ketahui tinta isi ulang harganya sangat terjangkau dan hasilnya hampir sama dengan tinta original. Dengan alasan harga yang lebih murah, masyarakat kebanyakan lebih memilih tinta isi ulang dibanding tinta asli. Nah..benarkah tinta refill itu lebih murah?

Bagus mana Tinta Asli dengan Tinta isi Ulang ?Dibalik harga tintanya yang lebih murah penggunaannya justru ternyata malah lebih boros dari tinta ori dan kekurangan dari tinta isi ulang lainnya adalah hasil printnya kurang bagus, kualitas cetaknya tidak tajam seperti menggunakan tinta asli dan kekurangan lainnya adalah Mesin printer tidak dapat bekerja dengan baik atau maksimal karena sering terjadi gangguan ketika mencetak.
Ink Product Manager HP Adrian Lesmono di Yogyakarta, mengatakan masyarakat umumnya memaknai "murah" semata-mata dari sisi harga dan mengabaikan hasil dan proses cetak. Padahal, menurutnya, "murah" seharusnya dimaknai lebih menyeluruh. Adrian Lesmono mencontohkan, tinta HP seri 703 harganya Rp 85.000,- /cartridge bisa mencetak 600 halaman. Artinya, ongkos cetak per halaman bisa dihitung dengan dengan pasti yaitu sekitar Rp 140 per halaman.

"Sementara tinta suntik atau infus seri sejenis harganya sekitar Rp 60.000 /cartridge. Tapi kita tidak bisa mengitung berapa biaya cetak per lembarnya. Alasanya macam-macam. Misalnya, tintanya belum habis ternyata print head-nya rusak dan harus diganti. Atau, belum dipakai lama ternyata tintanya bermalah," jelasnya.

Ukuran "murah" tinta isi ulang juga sulit diukur, lanjut Adrian, karena seringkal terjadi hal-hal di luar harapan yang mempengaruhi produktivitas. Ia mencontohkan, dengan tinta original hasil cetak dijamin bagus kualitasnya secara konsisten dari halaman awal hingga akhir.

Sementara, dari hasil uji coba yang dilakukannya tinta isi ulang tidak bisa memberikan konsistensi kualitas. "Coba aja deh kalau pakai tinta isi ulang pasti di cetakan kesekian kadang muncul garis-garis atau gradasi ketebalan cetak. Kadang kita tidak puas dengan hasil cetak lalu membuang kertas dan print ulang. Berapa kertas yang dibuang," katanya.

Contoh lain, ucap Adrian, "Berapa kali pekerjaan kita tertunda karena hasil cetak tidak baik. Kalau hasil cetak tidak baik, orang lalu uring-uringan, dan produltivitas terganggu. Hal-hal seperti ini sering diabaikan orang dalam memaknai 'murah'." (sumber referensi : http://theglobejournal.com/teknologi/pakai-tinta-isi-ulang-ternyata-mahal/index.php)

Contohnya Tinta Asli HP yang lebih konsisten untuk mencetak dan kelebihannyalagi hasil yang menawan itu 2,4 kali menghasilkan cetakan lebih banyak dari tinta isi ulang. hasil ini telah di uji coba oleh perusahaan independen terkemuka yang terdaftar dalam bidang pengujian produk melalui penelitian TUV SUD PSB. Di hasil uju coba ini telah ditemukan bahwa jumlah halaman yang dapat di cetak oleh tinta original HP 2,4 kali lebih banyak dari 14 merek isi ulang dipasaran Asia Pasifik. Oke semoga bermanfaat.


Sumber : http://hargaprinterepson.blogspot.com/2013/01/tinta-asli-vs-tinta-isi-ulang.html
Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top