Skemai Inverter
Cara merakit sendiri Inverter - Pernahkah Anda ingin menyalakan TV, stereo atau alat lainnya ketika sedang dalam perjalanan atau ketika camping? Nah, inverter ini seharusnya bisa mengatasi masalah itu. Dibutuhkan tegangan 12 V DC dan menaikannya hingga mencapai 120 V AC. Daya (Watt) tergantung dari transistor yang anda gunakan untuk Q1 dan Q2, serta seberapa besar transformator yang Anda gunakan untuk T1. Inverter dapat dibuat untuk memasok daya berapapun dari 1 sampai 1000 watt (1 KW).


Komponen:
C1, C2 68 uf, 25 V Tantalum Capacitor
R1, R2 10 Ohm, 5 Watt Resistor
R3, R4 180 Ohm, 1 Watt Resistor
D1, D2 HEP 154 Silicon Diode
Q1, Q2 2N3055 NPN Transistor (lihat “Catatan”)
T1 24V, Pusat Tapped Transformer (lihat “Catatan”)
MISC Wire, Case, receptical (Untuk Output)

Catatan:
  1. Q1 dan Q2, serta T1, menentukan berapa banyak daya (watt) dari inverter yang dapat di suplai. Dengan Q1, Q2 = 2N3055 dan T1 = 15 A, inverter ini mampu menyuplai daya sekitar 300 watt. Transformator yang lebih besar dan transistor yang lebih kuat dapat digantikan pada T1, Q1 dan Q2 untuk menghasilkan daya lebih besar.
  2. Cara termudah dan paling murah untuk mendapatkan T1 yang besar adalah menggulung ulang transformator dari microwave tua. Trafo ini memiliki daya sekitar 1KW dan sempurna untuk digunakan. Pergi ke bengkel elektronik lokal dan cari sisa-sisa barang yang tidak terpakai  sampai Anda mendapatkan microwave terbesar yang Anda dapat temukan. Semakin besar microwave, semakin besar pula transformatornya. Lepaskan trafo, hati-hati jangan sampai menyentuh kapasitor besar bertegangan tinggi yang mungkin masih di-charge. Jika Anda mau, Anda dapat menguji transformator tersebut, tetapi biasanya masih dalam keadaan baik. Sekarang, lepaskan lilitan sekunder lama 2000 V, hati-hati jangan sampai merusak lilitan primer. Biarkan lilitan primer apa adanya. Sekarang, gulung lilitan sebanyak 12 putaran dari kawat, twist loop (center tap), dan gulung kembali sebanyak 12 putaran. Ketebalan kawat akan tergantung pada berapa besar arus yang Anda rencanakan untuk disupplai ke trafo. Kawat yang ditutupi Enamel magnet sangat sesuai untuk ini. Sekarang amankan gulungan dengan tape/perekat. Selesai semua untuk transformator. Ingatlah untuk menggunakan transistor arus tinggi untuk Q1 dan Q2. Transistor 2N3055 dalam daftar komponen hanya dapat menangani arus 15 amps masing-masing.
  3. Ingat, ketika beroperasi pada daya (watt) tinggi, rangkaian ini menarik arus dengan jumlah besar. Jadi Jangan biarkan baterai cepat habis.
  4. Karena rangkaian ini menghasilkan 120 V AC, Anda harus menggunakan sekering dan membuat rangkaian dalam kasing (wadah tertutup).
  5. Anda harus menggunakan kapasitor tantalum untuk C1 dan C2. Kapasitor Electrolytics biasa, akan panas dan meledak. Dan ya, 68uF adalah nilai yang benar. Tidak ada substitusi.
  6. Rangkaian ini bisa rumit untuk dibuat. Perbedaan pada transformator, transistor, komponen substitusi atau hal lain yang tidak ada di halaman ini dapat menyebabkan rangkaian tidak berfungsi.
Itulah Cara merakit sendiri Inverter , semoga bermanfaat.

Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top