31 March 2014

Cara Memperbaiki Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

 

Cara Memperbaiki Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
Cara Memperbaiki Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi  - Salah satu kerusakan yang sering dialami oleh sebagian laptop pada umumnya adalah masalah pada touchpad mouse. Baik itu pada touchpad yang tidak dapat digunakan atau juga scroll touchpad yang tidak berfungsi. Kali ini Kita akan membahas kerusakan yang terjadi pada scroll touchpad laptop. Apakah sekarang ini Anda sedang mengalaminya ? Jangan khawatir sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah jika itu memang terdapat pada kerusakan dalam segi sistemnya. 

Ini juga terjadi pada laptop saya tadi sore. Sebelumnya, pastikan kalau scroll touchpad Anda dalam keadaan aktif, maksudnya pada Laptop biasanya terdapat shortcut untuk mematikan scroll touchpad. Seperti pada Laptop Acer, untuk menonaktifkan scroll cukup menekan Fn + F12. Mungkin saja sebab scroll tidak berfungsi adalah karena Anda menekan Fn + F12 pada keyboard.

Selain itu jika scroll touchpad tidak berfungsi, saya tinggal merestart komputer dan masalah selesai. Tetapi ternyata scroll touchpad masih dalam keadaan tidak berfungsi. Setelah blog walking kesana kemari, ternyata masalah sebenarnya terdapat pada driver yang mungkin rusak karena terhapus / terkena virus / dll. Untuk mengatasinya tentunya dengan menginstall ulang driver atau update driver. Disini caranya bisa Anda praktekan langsung, namun Anda harus terkoneksi dengan Internet.

Berikut Cara Mengatasi Scroll Laptop yang Tidak Berfungsi :

1. Buka Control Panel
2. Pilih Hardware and Sound > Pilih Mouse
3. Masuk ke Tab Hardware > Klik Propertise

mengatasi scroll touchpad tidak berfungsi

4. Pada Tab General, Klik Change Setting

mengatasi scroll touchpad tidak berfungsi

Jika tidak terdapat pilihan Change Setting, maka langsung saja masuk ke Tab Driver

5. Masuk ke Tab Driver > Klik Roll Back Driver > Klik OK sampai selesai Jika Roll Back Driver tidak muncul lihat solusinya dibawah.


6. Sekarang Klik Update Driver

mengatasi scroll touchpad tidak berfungsi

7. Lalu pilih Search Automatically for Update Driver Software

mengatasi scroll touchpad tidak berfungsi

8. Tunggu saja proses update driver hingga proses selesai. Komputer akan meminta untuk merestart, lanjutkan untuk merestart jika memang Anda ingin merestartnya.

UPDATE :
Jika Roll Back Driver tidak muncul ini dikarenakan sebelumnya memang belum terinstall driver touchpad. Solusinya adalah dengan menginstall driver dari laptop yang digunakan. Biasanya ketika membeli laptop, pastinya diberi CD yang berisi driver untuk komponen laptop. Coba masukkan CD dan install driver touchpad.

Jika memang tidak memiliki CD driver, coba untuk mendownload di situs resmi laptop Anda berdasarkan tipe laptopnya. Contoh ini adalah alamat driver untuk download driver Acer Aspire 4739 :
http://us.acer.com/ac/en/US/content/drivers

Cara Memperbaiki Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Setelah di download, install seperti biasa.

Selesai.

jika langkah update driver diatas sudah dicoba, namun masih tetap tidak berfungsi. Mungkin kerusakan juga terdapat pada sisi hardwarenya.
 
Sumber : http://www.ieuwelah.com/2012/08/scroll-touchpad-tidak-berfungsi.html

No comments:
Write komentar