Cara Membuat Charger aki / Baterai Handphone Sederhana
Cara Membuat Charger aki / Baterai Handphone Sederhana - Sekarang ini dengan berkembangnya waktu banyak sekali barang-barang elektronik menggunakan baterai isi ulang (charge), sehingga jika arus baterai sudah low (lemah) atau habis Para Teknisi bisa mengisi ulang kembali (charging) kembali.

Penggunaan baterai yang sering Para Teknisi temukan beraneka macam misalnya baterai AKI (Accu) kering dan basah biasanya untuk sepeda motor, baterai ponsel atau tablet, Baterai Laptop, baterai Lampu Emergency dan lain-lainya. Namun pernahkah Para Teknisi mengetahui alat untuk charger baterai isinya seperti apa?, pertanyaan ini sering muncul bagi orang yang sudah hobi dengan dunia elektronik.

Sebenarnya rangkaian charger baterai sangat bervariasi, ada yang menggunakan Trafo ada yang hanya menggunakan Kapasitor dan resistor sebagai penurun tegangannya. Namun yang paling bagus adalah menggunakan trafo. Berikut ini Kita beri contoh sederhana cara membuat Charger baterai.

Skema Rangkaian Charger Baterai

Skema Rangkaian Charger Baterai
Pada skema tersebut dapat Para Teknisi lihat bahwa sebenarnya rangkaian charger ini sama dngan rangkaian adaptor pada umumnya hanya saja untuk tegangan keluarnya perlu lebih diratakan saja arusnya menggunakan elco atau IC penyetabil tegangan seperti 78xx dan 79xx. Jadi buat yang sudah ahlinya rangkaian ini pasti hanyalah skema yang biasa saja.
Cara membuat Charger Baterai
Untuk membuatnya bahan yang dibutuhkan Para Teknisi adalah :
  1. Trafo Biasa atau CT dengan arus (Ampere) sesuai keperluan misalnya untuk mengecas Baterai HandPhone cukup dengan 0,5 A atau 500mA saja. Namun jika untuk mengecas Aki (Accu) Sepeda motor atau Mobil maka Trafo harus lebih besar lagi.
  2. Empat Buah dioda (untuk trafo biasa) dan 2 buah dioda untuk trafo jenis CT (Ukurannya sesuaikan dengan daya trafonya, jika trafo 0,5 A gunakan saja dioda 1A)
  3. Elco jika diperlukan (ukurannya lebih besar sedikit dengan baterai, misalnya baterai 5Volt gunakan saja Elco 10Volt saja
  4. Kabel listrik secukupnya.
  5. Steker atau colokan listrik
  6. Box atau kotak adaptor.
kalau bahan-bahan yang diperlukan sudah disiapkan langkah selanjutnya adalah merakitnya. Para Teknisi tinggal menghubungkan komponen sesuai skema yang sudah ada pada gambar diatas. 
 
Yang penting sesuaikan keluaran tegangan dengan baterai, misalkan baterai HP biasanya adalah 3,7 Volt maka bisa Para Teknisi gunakan keluaran 6 Volt pada trafo dan sedikit ditunkan menjadi 4,7 - 5Volt menggunakan dioda zener, atau jika ingin digunakan untuk ces aki yang biasanya tegangan 12 Volt gunakan saja 15 Volt pada trafo dan sedikit diturunkan menjadi 13,5 - 14 Volt. 
 
Jika sudah selesai tinggal kita uji saja. Sebaiknya Para Teknisi cek dulu tegangan outputnya menggunakan multimeter agar outputnya sesuai dengan yang diharapkan.Selamat mencoba semoga bermanfaat buat Para Teknisi.

Anda Ingin Belajar MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV BERBAGAI MERK ??? inilah yang harus Anda Perlukan, EBOOK PETUNJUK MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV LENGKAP

0 comments:

 
Top