30 March 2017

5 Tips Merawat Televisi yang Belum di Ketahui Banyak Orang

 





SOLDIRADEM BLOG - Siapa sih, yang tak kenal perangkat TV ?,  pasti semua orang bahkan setiap hari melihat perangkat TV. Tapi apakah perangkat TV di rumah anda sering rusak atau sering bermasalah?. Tidak juga, asalkan tau bagaimana merawatnya. Berikut saya ajarkan merawat dan menjaga perangkat televisi anda agar tahan sepanjang usiaan sepanjang usia.

1. Instalasi Listrik

Pertama yang harus di perhatikan adalah instalasi listrik. Instalasi listrik yang saya maksud di sini adalah streker, yang harus benar penempatanya. Usahakan pilih terminal yang SNI,penghantarnya kuningan dan juga kabelnya juga harus berkualitas. Pastikan streker harus benar tidak goyang, karena jika goyang akan menghasilkan percikan api dan akan menjadikan arus jadi tidak stabil ke power suplay. Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk kinerja BLOG REGULATOR/PSU. Jika streker goyah di biarkan jangka panjang siap-siap saja kluar masuk bengkel TV. Instalasi jala-jala listrik rumah juga harus di perhatikan, pastikan lulus SLO. Selain demi terhindar dari kebakaran SLO sangat bermanfaat bagi kesetabilan arus listrik untuk keslamatan perangkat Tv juga. Jika MCB anda sering anjlok gunakanlah inverator yang dayanya lebih besar dari TV. Ketika menyalakan TV MCB slalu anjlok dan itu di biarkan terus menerus maka ini juga akan menyebabkan TV cepat mati total.

2. Rajinlah Membersihkan Perangkat TV

Ingatlah untuk selalu membersihkan TV anda, ketika anda bersih-bersih rumah. Perangkat TV mudah sekali menarik debu. Jadi ketika televisi di nyalakan maka dia menarik sesuatu yang bersifat mengandung elektromagnetis seperti kain, meski tempat yang anda gunakan menempatkan TV bersih, tetap saja dalam jangka waktu tertentu di dalam casis televisi tetap ada sesuatu yang menempel jika luarnya tidak sering di bersihkan. Bersihkan menggunakan lap sedikit basah untuk membersihkanya. Tapi ingat jangan membersihkan TV ketika streker masih terhubung dengan jala listrik PLN. Maka jabutlah dulu!. Tujuan menggunakan lap sedikit basah ialah agar kotoran menepel pada lap dan tidak akan terbang lagi atau masuk ke dalam mesin Tv.  Hati-hati jangan sampai lap terlalu basah, sehingga menetes ke dalam mesin. Jika terlanjur menetes ke dalam mesin maka jangan nyalakan TV tunggulah sampai kering.

3. Penempatan Perangkat

Penempatan juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan tv. Yang perlu di perhatikan saat penempatan ialah;
- Pastikan alas untuk meletakan tv tidak goyah.
- Jika tv tabung jauhkan dari magnet misalnya spieker. Jika terpaksa ada speaker di dekat Tv, letakan lebih ke belakang.
- Jika rumah tidak ada langit-langitnya pada saat hujan akan terjadi percikan air dari genteng maka berilah penutup atas menggunakan papan. Tujuanya untuk menghindari percikan air tersebut. Untuk menjaga perangkat dari kelembapan.
- Usahakan jangan meletakan TV di lantai secara langsung. berilah sepasi minimal stengah meter.  Hal ini bertujuan menghindari magnet bumi dan juga kelembapan.

4. Jangan Mencabut Kabel RCA Input Terus

Hal ini biasanya karena perangkat tv menggunakan 1 mode AV. Jika hanya menggunakan sistim satu AV Satu di gunakan untuk DVD dan yang satu nya DVB jadi anda akan sering mencabut dan memasang kabel jak RCA. Ini akan berbahaya karena kemungkinan untuk terjadi kesalahan saat pemasangan akan mengancam sistim av mati. Jadi untuk menghindari ini gunakan AV slector. Av slector berfungsi untuk mengatur input yang di gunakan hanya menggunakan saklar tanpa harus mencabut dan memasang kabel RCA.  Biasanya untuk tiga way output one.

5. Matikan TV saat Hujan Extrim

Saat hujan usahakan TV dicabut dari jala-jala listrik. Ini untuk menjaga TV aman dari sambaran petir. Jika menggunakan antena, jabutlah jak dari TV kemudian jack jauhkan dari perangkat.  Juga bagi yang menggunakan parabola usahakan jabut konektor kabel parabola dari DVB receiver. Cek apakah aman dari air hujan. Jka perlu tutup menggunakan plastik menghindari kelembapan.

Sebenarnya keawetan sebuah perangkat TV tidak hanya bergantung pada merawatnya saja, tapi juga kualitas produk itu sendiri. Tidak ada salahnya jika anda merawat perangkat TV karena selain menjaga keawetan juga menjaga keselamatan anda dan keluarga.
Demikian mengenai cara merawat TV agar awet. Sebenarnya tips ini juga berlaku pada semua perangkat elektronik lainya. Semoga bermanfaat ya?

No comments:
Write comments