27 March 2017

Cara Memperbaiki Receiver Parabola yang Rusak pada Bagian Kabel RCA

 

Cara Memperbaiki Receiver Parabola yang Rusak – Pada fungsi antenna parabola kita mengenal receiver DVB MPEG 2 maupun MPEG 4 HD dari berbagai merek seperti Venus, Matrix, Hi-tech, Getmecom, Skybox, Orange, Kaonsat dan lain sebagainya. Adapun masalah atau kerusakan receiver, misalnya gambar tidak muncul atau keluar sebentar kemudian hilang, gambar bergetar atau kurang jelas,  belum bisa dipastikan bahwa bagian IC MPEG-nya yang rusak. Yang dimaksud kerusakan disini adalah receiver tidak bisa menampilkan gambar (OSD). Jadi berbeda dengan kasus receiver yang tidak bisa menangkap gambar karena permasalahan pada satelit.

Adapun ciri-ciri receiver DVB parabola yang tidak mampu menampilkan gambar biasanya ditandai layar TV biru (bluescreen) atau hitam (blank). Sebelum dilakukan langkah perbaikan perlu dipastikan terlebih dulu sumber penyebab dengan cara mengecek beberapa komponen vital yang berhubungan dengan tampilan gambar, termasuk bagian kabel RCA.

Cara mengecek dan Memperbaiki Fungsi Kabel RCA pada Receiver DVB


Cara memperbaiki receiver parabola yang rusak bisa dilakukan melalui pengecekan fungsi kabel RCA dengan langkah-langkah berikut ini:

Karena fungsinya sebagai penghubung antar perangkat elekronika, kabel RCA mudah rusak, misalnya aus atau kawat pada serabut tembaga putus sehingga tidak mampu menghantarkan sinyal. Kabel RCA juga sering aus di bagian ujung kepala konektor yang dapat dilihat dengan jelas. Masalah ini mudah diatasi dengan membersihkan karat menggunakan kertas gosok (amplas).

Jika receiver bermasalah akibat kabel RCA rusak sehingga tidak bisa menampilkan gambar atau suara, maka dibutuhkan pengecekan dengan cara dibawah ini. 

1.      Cek dengan Multimeter



Pengecekan menggunakan alat multimeter posisi pada skala x 1 ohm lalu mengukur hambatan pada kedua ujung kabel RCA dengan warna yang sama. Jika kabel masih dalam kondisi bagus maka nilai resistensinya sangat kecil atau bahkan tidak ada hambatan sedikitpun (terukur dengan nilai 0 ohm). Sebaliknya jika kabel RCA dalam kondisi rusak atau kurang baik maka nilai hambatannya sangat tinggi bahkan tidak terukur lagi.

2.      Tukar Posisi Kabel


Jika tidak ada alat ukur multimeter pengecekan kabel bisa menggunakan cara lain, misalnya dengan menukar posisi kabel. Umumnya receiver DVB parabola menggunakan jenis kabel RCA yang memiliki 3 kepala konektor (2 konektor audio L/R dan 1 konektor video). Jika receiver hanya mampu menampilkan suara tapi tidak ada gambar coba tukarkan posisi kabel konektor yang digunakan sebagai penghubung audio ke konektor penghubung video. Misalnya kabel RCA untuk audio menggunakan warna merah dan putih, video menggunakan warna kuning, coba pindahkan kabel warna merah atau putih ke posisi kabel konektor warna kuning.

3.      Uji dengan Kabel RCA yang Masih Bagus

Untuk memastikan letak permasalahan receiver DVB  bersumber pada kabel RCA, kita bisa menguji semua fungsi dengan menggunakan kabel RCA baru atau yang masih bagus. Jika kerusakan diakibatkan kabel RCA yang putus semestinya dengan menukar posisi kepala konektor atau mengganti kabel RCA dengan yang baru semua permasalahan baik gambar tidak tampil atau suara tidak terdengar bisa diatasi. Sebaliknya jika tetap tidak muncul suara atau gambar pada layar TV meskipun kabel RCA sudah diganti yang baru, maka bisa dipastikan kerusakan bukan bersumber pada kabel RCA. Besar kemungkinan kerusakan terletak pada input AV/TV atau justru pada komponen receiver DVB itu sendiri.

Demikian cara memperbaiki receiver parabola yang rusak bagian kabel RCA-nya. Yang harus diingat, receiver yang tidak mampu menampilkan gambar di layar TV tidak hanya disebabkan oleh tidak berfungsinya kabel RCA, tapi bisa juga disebabkan masalah pada input AV televisi atau pada konponen receiver parabola itu sendiri. Untuk penyebab yang terakhir akan kita bahas pada artikel berikutnya.  




No comments:
Write comments