31 March 2017

Cara Mengatasi Stik PS2 Rusak Ringan dengan Mudah

 


Cara Mengatasi Stik PS2 Rusak– Dari seperangkat alat game PS2, kebanyakan bagian yang paling sering rusak adalah stik-nya. Hal ini karena stik adalah bagian pengendali permainan dimana semua tombol-tombolnya ditekan terus-menerus sehingga mudah rusak. Jika hal ini dialami pemilik rental PS tentu membutuhkan biaya yang cukup besar mengingat banyaknya stik yang mungkin rusak.
Supaya lebih hemat biaya perbaikan sebenarnya ada caramengatasi stik PS2 yang rusak ringan yang bisa kita pelajari. Jika cara-cara ini berhasil kita tidak butuh biaya besar untuk memperbaikinya di tukang servis. 

Cara Memperbaiki Stik PS2 yang Rusak Ringan

Cara memperbaiki stik PS2 rusak ringan membutuhkan alat-alat seperti dibawah ini.

Sebelum dilakukan proses perbaikan kita perlu mengetahui kerusakan stik-nya terlebih dulu. Adapun kasus kerusakan stik PS2 yang umum terjadi adalah tombol-tombol tidak berfungsi, analog rusak atau kabel stik putus.

-          Tombol Rusak atau Tidak Berfungsi




Cara mengatasi stik PS2 rusak karena tombol-tombolnya tidak berfungsi sebenarnya cukup sederhana. Kamu bisa coba mengganti karet PAD yang berada dibawah tombol. Tapi kamu cukup menggosok-gosok karet tersebut jika karet masih ingin digunakan lagi. Gunakan alkohol 70% untuk menggosok karet hingga mengkilat. Jika memang bagian ini yang rusak kamu hanya membutuhkan obeng kecil untuk membukanya tanpa harus membawanya ke tukang servis.

-          Analog Rusak Kiri atau Kanan

Bagian analog kiri yang rusak bisa terdeteksi saat digunakan bermain game. Biasanya objek yang dimainkan bergerak tak beraturan ke kiri atau ke kanan atau bahkan tidak mau bergerak sama sekali. Sama seperti kerusakan analog kiri, kerusakan analog kanan bisa terdekteksi saat digunakan bermain game. Biasanya ruang game-nya berputar sendiri.



Jika kerusakan terletak pada analog kiri dan kanan kamu butuh solder dan alat penghisap timah untuk memperbaikinya. Panaskan timah pada kaki-kaki analog lalu cabut dan ganti yang baru. Gunakan timah dan solder untuk memasang kaki-kaki analog yang baru.

Yang harus diperhatikan, sebelum analog diganti periksalah kabel pita yang terhubung ke PCB menggunakan multitester. Hal ini penting sebab jika ada kabel pita yang putus maka stik PS2 juga tidak akan berfungsi meski analog kiri dan kanan masih bagus. Jadi pastikan kabel pita tidak ada yang putus sebelum mengganti analognya.   

-          Kabel Stik Ada Yang Putus

Sebagian dari cara mengatasi stik PS2 yang rusak ringan adalah dengan memeriksa kabel-kabel pada stik tersebut. Perlu diketahui, kabel pada stik PS2 biasanya terbagi menjadi 8 kabel kecil-kecil berbeda warna. Intinya jika salah satu dari delapan stik tersebut putus maka stik tidak dapat berfungsi. Jika salah satu kabel ada yang putus efek yang muncul biasanya layar monitor menjadi gelap atau terdapat tulisan “controller”. Sama seperti yang muncul saat main game stiknya kamu cabut paksa.



Untuk memperbaiki kabel stik yang putus langkah pertama yaitu melepaskan kabel dari papan PCB menggunakan solder. Sebelumnya kamu harus hafal urut-urutannya (tidak boleh tertukar).
Setelah terlepas, potong kabel kira-kira satu jengkal dari ujung kabel yang dilepas. Cek kabel menggunakan multitester. Pastikan semua kabel tidak ada yang putus. Pasang kembali kabel dengan solder sesuai urutannya. Jika kabel tetap tidak berfungsi terpaksa kamu harus ganti kabel yang baru. Agar lebih mudah memasukkan kabel ke lubang kabel di PCB kamu bisa mensoldernya dari bagian belakang, bukan dari lubang utama.


Demikian beberapa cara mengatasi stik PS2 rusak ringan. Jika dengan 3 cara diatas stik masih tidak berfungsi maka jalan satu-satunya kamu harus membawanya ke tempat service profesional. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments