21 March 2017

Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktive

 

Speaker aktive merupakan kebutuhan audio yang pasti setiap rumah saat ini memilikinya, Sebagai kebutuhan home audio. Speaker aktive yang sering digunakan maka akan mengalami trobel.  Tetapi jarang digunakan juga akan mengalami kerusakan.Tentu kerusakan akan bergantung pada kualitas produk. Penyebab kerusakan paling sering terjadi pada speaker kelas menengah, yang memang setelah saya servis di beberapa tahun belakangaan ini berkualitas rendah mulai dari komponen yang digunakan, kabel rangkaian, speaker, kontruksi box speaker sering kendor. Bisa diartikan bahwa saat kita membeli seaker aktive harus lebih memilih yang bermerek ternama yang memang berkualitas. Karena pada setiap perangkat yang memang bermerek produsen ternama memang secara segi komponen pun barkualitas meski kadang ada yang trobel dini.




Berikut ini saya ingin shere tentang bagaimana menangani berbagai jenis kerusakan speaker aktive: 

1. Cara memperbaiki speaker aktive mati
Perangkat speker aktive mati disebabkan oleh tidak bekerjanya rangkaian elektronik di dalamnya. Oleh sebab itu maka sebelum menuju ke bagian rangkaian ada baiknya jika mengecek kabel colokan pada terminal jala-jala listrik. Setelah itu baru membuka bagian dalam. Cek tegangan output AC pada trafo jika menggunakan trafo atau yang menggunakan ac matic cek pada tegangan output DC. Jika tidak keluar output, coba periksa tanpa beban tapi sebelum itu pastikan lilita primer menyambung, karena tak jarang lilitan trafo putus. 

Jika tegangan normal setelah tanpa beban coba cek dioda output powersuplay. Setelah itu cek transistor final tip41, 42 biasanya sepasang TR tersebut short jika saat power suplay diberi beban tegangan hilang.
Jika pengecekan tegangan normal output ampli normal, bisa jadi speaker rusak coil putus, kabel penghubung ke speaker putus.

2. Potensio berbunyi kresek-kresek ketika di putar
Hal ini sering terjadi karena potensio sudah rusak karena dimakan karat. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup dilumasi tiner dan di putar-putar maka bisa teratasi, namun akan timbul  lagi selang beberapa waktu. Untuk itu lebih baik ganti dengan yang  baru.

3. Suara serak
Ketika speaker aktive diberi input, suara di spiker serak biasanya disebabkan oleh beberapa hal :
• kabel input rusak
• soket dan jack nya input kendor
• transistor driver rusak
• transistor finel jebol
• speaker spoel terbakar
Suara serak yaang sering terjadi adalah di sebabkan oleh transistor final misalnya TIP41, TIP42  jebol, dan akan merambat ke bagian driver yaitu tr a733 dan c945. Jika menggunakan resistor kapur pada bagian emitor transistor cek juga ,karena R ini bisa sebagai fuse jika transistor final jebol.

4. Hanya bersuara dengung
Speaker aktive ketika dinyalakan hanya bersuara dengung diberi input tidak ada suara tetap dengung maka jangan terus dipaksakan karena ini short pada bagian power amplifier.

5. Suara hilang ketika digeber
Ini sering terjadi pada speaker yang menggunakan ic tunggal. Karena kerja pada ic sangat terbatas atau pendingin yang kurang lebar sehingga kerjanya sangat panas. Pada akhirnya IC jebol.

6. Speaker kadang mati kadang hidup
Penyebab yang sering terjadi ialah solderan yang retak pada rangkaian. Keretakan solderan terjadi pada transistor final bahkan sampai mengelupas jalur FCB nya karena di sebabkan oleh getaran speaker. Kabel rangkaian putus.

Dari serangkaian permasalahan di atas bisa saya pastikan bahwa kerusakan yang paling terjadi ialah shortnya transistor final yang menggunakan TIP42,TIP42  amplifiey yang digunakan jenis OCL 150 , menggunakan TR driver c945 dan a733 dengan gejala suara serak atau hanya berbunyi dengung tanpa ada respon.

*sedikit saran biar transistor final awet gunakan transiator yang lebih kuat.misalnya diganti dengan yang lebih besar. Seperti TIP3055 TIP2955. Transistor driver di ganti dengan BD139, BD140. Heatsing ganti dengan yang lebih besar sehingga membuang panas dengan maksimal.

Itulah sedikit penglaman saya cara memperbaiki speaker aktive semoga bermanfaat !


No comments:
Write comments