25 March 2017

Memperbaiki Receiver Matrix Mati Total

 

SOLDIRADEM BLOG - Hari ini saya dapat job servisan berupa receiver Matrix Burgar yang datang dari desa sebelah. Receiver ini mengalami mati total. Lampu indikator tak sedikit pun menyala. Dugaan awal ragulator PSU mati. Saya coba ukur dengan tester ternyata benar output regulator tidak keluar ,bahkan 1 volt pun . Setelah itu saya coba copot beban PSU tetap masih tidak keluar juga.  Mencopot beban spms,  saya lakukan karena waktu itu di sebabkan blog mpg yang short ,output psu tidak keluar. Sebelum memastikan kerusakan blog PSU saya berfikir untuk memeriksa saklar dan jack AC 220. Ternyata masih baik.

Tanpa fikir panjang saya langsung menuju toko elektro untuk membeli kit. Regulator DVB. Dari pada memperbaiki rugi waktu dan tenaga maka saya putuskan untuk membeli satu blog ac matic DVB mpg2 seharga Rp25.000. Karena memang adanya yang multi maka di situ ada voltase yang saya biarkan tanpa meperdulikanya. Hanya menggunakan sesuai kebutuhan yaitu ground,3,3v12v,22v.Kemudian saya pasang sesuai dengan voltase yang tertera di mpg receiver yaitu: ground,3,3Volt,15Volt, 22Volt. Dengan cara menjemper karena sebelumnya soketan jadi karena voltase tidak sesuai urutan sebelumnya.

*Jika anda memasang jenis AC MATIC resiver maka sesuaikan voltase sesuai aslinya dan jangan sampai terbalik, karena berbahaya bagi blog mpg. Sekali salah receiver akan tidak bisa dipebaiki lagi. Dan agar anda yakin gunakanlah tester karena AC matic baru tidak menjamin output sesuai dengan tulisan yang tertera.

Oke itu sedikit catatan saya hari ini memperbaiki receiver Matrix burger mati total.

No comments:
Write komentar