30 March 2017

Panduan Indentifikasi Kerusakan,Gejala dan Analisa Blok Kerusakan TV Khusus Pemula

 

SOLDIRADEM BLOG- Dalam memperbaiki Televisi tentunya bagi seorang yang masih pemula pasti kurang paham mengenai blog sistim kerja sebuah pesawat televisi. Oleh karena itu saya memberikan panduan cara memperbaiki TV menentukan kerusakan, gejala dan analisa blog kerusakan agar anda paham ketika menemui sebuah kerusakan televisi anda tau , mana blog yang harus di oprek.

1. Kerusakan pada bagian tuner;
Gejala;  gambar tidak ada suara informasi juga tidak ada sementara raster normal tetapi hanya polos saja, tidak ada bintik-bintik / snow.

2. Kerusakan pada bagian IF VIDEO COMPOSITE
Gejala:  sama dengan kerusakan tuner.
Untuk membedakan jenis kerusakan tuner dengan IF, dapat kita lakukan pemberian triger pada input IF. Bila diberi triger pada input IF dengan memberikan signal darisignal injektor maka akan tampil gejala geris-garis acak pada layar dan akan terdengar suara dari penguatan bagian suara. Maka berarti bagian IF tidak terdapat kerusakan dengan demikian kerusakan terdapat pada bagian tuner.

3. Kerusakan pada bagian IF sound / audio
Gejalanya gambar normal, warna normal dan suara informasi tidak terdengar. yang ada hanya suara desis dari power amplifier saja.

4. kerusakan pada bagian power amplifier
Gejalanya gambar dan warna normal tetapi suara informasi tidak terdengar dan bahkan suara desispun tidak terdengar walaupun volume control sudah maksimum.

5. Kerusakan pada bagian detektor video
Gejalanya sama dengan kerusakan pada bagian if video composite.

6. Kerusakan pada bagian penguat video / lumunan
Gejalanya suara normal ,gambar tidak ada dan  suara polos.
Untuk TV warna apabila kerusakan penguat video ini hanya terjadi salah satu saja, maka kondisinya gambar akan kehilangan salaah satu warna primer RGB.

7. Kerusakan pada bagian sincronisasi seoparator
Gejalanya suara normal, tetapi gambar akan twrjadi rolling kevarah vertikal dan kearah horizontal terus menerus.

8. Kerusakan pada bagian sincronisasi vertikal
Gejalanya suara dan warna normal tetapi tetapi gambarnya rolling ke arah vertikal bergeser naik atau turun. Sehingga tidak singkron dengan freqwensi dari pemancar.

9. Kerusakan pada bagian sinkronisasi horizontal
Gejalanya suara dan warna normal tetapi warnanya bergeser ke arah horizontal kekiri/kekanan. Haal ini juga di sebabkan karena bergesernya freqwensi horizontal naik dan turun. Bahkan appabila penggeseran freqwensi terlalu besar, maka tidak akan timbul gambar yang sempurna tetappi terjadi ppada gambar sepperti zebra atau hanya garis-garis saja.

10. Kerusakan pada bagian vertikal
Gejalanya suara normal, raster hanya tampil satu garis horizontal saja yang berarti garis tersebut tidak membuka ka arah vertikal / ke atas.
Kemungkinan kerusakan terdapat pada bagian penguat vertikal/ vertikal output dan kumparan defleksi bagian vertikal putus atau hubung singkat.

11. Kerusakan pada bagian Horizontal
Gejalanya suara bisa normal atau bshkan bisa tidak ada sama sekali. Raster tidak muncul /gelap kemungkinan kerusakan terdapat pada output horiZontal driver dan bahkan bisa terjadi trafo flyback nya rusak termasuk dioda penyearah tegangan tinggi / HV Rec. Atau dapat juga kerusakan pada kumparan defleksi horizontal yang. Putus atau short /hubung singkat.

12. Kerusakan pada tabung gambar
Gejalanya suara normal timbulnya raster lambat dan bila di matikan pada layar akan tampil titik yang lama hilangnya. Juga kondisi gambar kualitasnya tidak baik kqrena seperti berklise.warnanya lemah dan kelihatan berkabut tidak dapat kontras. Biasanya kerusakan tabung gambar terjadi karena usia pemakaian yang cukup lama yaitu di atas lima tahun.

13 .kerusakan pada bagian regulator
Gejalanya televisi mati total dan indikator power tidak menyala. Kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian penyearah primer, transistor regulator, atau apabila bagian regulator ini menggunakan sistim ACMatic yang memerlukan umpan balik dari horizontal. Kerusakan pada bagian horizontal juga mengakibatkan rangkaian regulator tidak bekerja.

Itu di atas merupakan Panduan Indentifikasi Kerusakan,Gejala dan Analisa Blok Kerusakan TV Khusus Pemula secara teori sederhana,namun pada prakteknya sedikit berbeda. Maka panduan di atas hanya untuk acuan analisis blog pada kerusakan dan gejalanya sehingga bisa memberikan sedikit gambaran bagi yang belum paham. Terima kasih!  Slamat mencoba!


No comments:
Write comments