24 March 2017

Penyebab dan Cara Mengatasi Dispenser Bocor

 

Cara Mengatasi Dispenser Bocor – Dispenser memang membuat semua menjadi lebih praktis. Hanya dengan produk elektronik mungil ini kita tidak perlu repot memasak air di kompor atau membeli teko untuk menyimpan air mineral, karena dispenser dapat menghasilkan air dingin maupun air panas secara bersamaan.
Jika sering digunakan atau mungkin sudah dimakan usia kadang dispenser mengalami kebocoran. Hal ini bukan hanya karena harganya yang murah namun kadang disebabkan karena hal lain yang berhubungan dengan komponen pada dispenser itu sendiri. 

Beberapa Hal Penyebab Dispenser Bocor


Sebelum masuk pembahasan mengenai cara mengatasi dispenser bocor, terlebih dulu kita harus mengetahui penyebabnya.

Kebocoran pada Galon

Penyebab dispenser bocor bisa jadi karena adanya kebocoran di bagian galon air. Galon yang bocor atau rusak menyebabkan air meluap dan membasahi bagin luar dispenser. Bisa juga galon yang kita tukarkan bocor dibagian bawahnya sehingga air meluap dan tidak bisa masuk ke bagian filter. Air mineral yang tidak dapat masuk melalui proses penyaringan akhirnya meluap sehingga merusak komponen-komponen dalam dispenser.

Kerusakan pada Tuas Keran Dispenser

Selain kemungkinan galon air yang bocor, kerusakan atau kebocoran dispenser bisa juga disebabkan tuas keran dispenser yang rusak. Hal tersebut membuat air mampet walaupun tuas keran dalam kondisi terbuka. Sebaliknya air yang mengalir tidak dapat berhenti meskipun keran dalam kondisi tertutup. Perlu diketahui, tuas keran yang longgar atau jika terjadi keretakan kecil di badan dispenser dapat memnyebabkan air meluap pada leher atau bagian paling bawah dispenser.  

Cara Mengatasi Dispenser Bocor dengan Mudah


Mengacu pada beberapa penyebab dispenser bocor diatas, ada beberapa cara mengatasi dispenser bocor dengan langkah-langkah mudah.
Ganti Galon Air
  1. Ganti galon air yang bocor atau retak dengan cara melepaskannya dari dispenser
  2. Bersihkan sisa-sisa air di area dispenser bagian atas agar tidak licin. Pastikan area tersebut kembali kering
  3. Tuang sisa air mineral ke galon baru yang masih kosong
  4. Gunakan tissu basah untuk membersihkan badan galon yang baru terutama bagian leher galon
  5. Angkat galon air dan tuangkan perlahan pada leher dispenser. Pastikan galon dalam posisi yang benar
  6. Ganti Tuas Keran yang Rusak
  7. Lepas tuas keran dispenser yang rusak atau kendor dari badan dispenser. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak badan dispenser.
  8. Bersihkan sisa air yang meluap pada filter air yang terdapat di bawah tuas keran
  9. Bersihkan bagian penyaringan sampai benar-benar bersih. Pastikan bagian ini bebas dari kotor atau debu
  10. Ganti tuas keran dengan yang baru. Pastikan bentuk dan ukurannya sama dengan tuas keran lama
  11. Pasang tuas keran yang baru secara benar supaya bisa berfungsi dengan baik
  12. Periksa corong penampung air, jika bagian ini rusak sebaiknya juga diganti yang baru

Harus diketahui, dispenser yang bocor kemungkinan juga disebabkan bocornya selang-selang kecil yang terdapat di bawah corong penampung air. Cara mengatasi dispenser bocor karena kerusakan di bagian selang kecil adalah dengan menambalnya menggunakan selotip. Jika tidak memungkinkan ditambal kta harus menggantinya dengan selang kecil yang baru. Hanya dengan dua cara ini kebocoran pada selang kecil bisa diatasi.

Kebocoran dispenser bisa disebabkan banyak hal termasuk galon air yang bocor, tuas keran yang kendor, atau selang-selang kecil yang mengarah ke corong penampung air telah rusak. Selama kita tahu cara mengatasi dispenser bocor dengan mudah seperti yang telah diulas diatas, tentu kita tidak perlu buru-buru membeli dispenser yang baru. 

No comments:
Write comments