25 March 2017

Servis TV LG Slim Horizontal Jebol Terus

 

Datang TV LG Slim ukuran 21 inc. Awalnya layar hanya nampak satu garis vertikal lalu mati ,tapi lampu indikator berkedip-kedip.

Casing TV saya buka dengan hati-hati. Selanjutnya  membersihkan mesin TV dan tabung menggunakan kuas dari debu yang menempel. Saya amati semua komponen dan soldiran masih baik.

Baca juga: hal yang perlu di perhatikan sebelum servis tv

Setelah saya ukur b+ tegangan naik-turun seiring dengan lampu indikator berkedip.
Selanjutnya menuju transistor horizontal c6090 saya copot, ternyata setelah saya ukur dengan menggunakan ohm meter 1× , semua kaki saling berhubung singkat itu artinya transistor ini short. Mungkin ini penyebab tegangan b+115 volt berdenyut "pikirku".

Penggantian pun saya lakukan dan saya coba nyalakan. Apa yang saya fikirkan pun ternyata salah. Sekejab menyala terjadi percikan api di leher tabung. transistor horizontal short lagi c6090 baru raib dah rugi 10.000.

"Hehe!!" tertawa sedih.

Baru saya ingat awalnya kata user bahwa "gejalanya layar hanya segaris vertikal". Ini kalau bukan capsitor resonan ya yoke yang terbakar.

-Pertama saya mencoba mencopot yoke dari leher tabung. Kelihatan masih baik.  Tidak ada tanda kebakaran disana dan saya cek menggunakan ohm meter masih ada hambatan sekitar 3ohm.

-Kedua saya mencoba menggganti capasitor yang terletak di colektor transistor horizontal dengan yang sama nilainya. Selain itu saya juga mengecek dioda yang di seri dengan capasitor tersebut yang ternyata masih normal.

Setelah itu saya mencoba memberanikan diri untuk menyalakan TV LG tersebut. Mempertaruhkan lagi uang 10.000. Dan apa tang terjadi.? Ya TV langsung menyala normal sesuai harapan saya. Transistor c6090 panas normal. Yesssss akhirnya kerjaan saya beres juga.
"Gajian dehhh!." asyeek.

*Kesimpulan dari cerita di atas ialah kerusakan  tr horizontal jebol terus di sebabkan capasitor resonan pembangkit colector horizontal.

Itu ceritaku hari ini, semoga akan ku ingat apa yang saya lakukan ini menangani TV LG TRANSISTOR HORIZONTAL jebol terus.

Semoga anda mendapat hikmaah dari cerita di atas.

Baca juga: cara mudah mengatasi TR horizontal jebol terus


No comments:
Write komentar