11 April 2017

5 Penyebab DVD Tidak Dapat Memutar Kaset (no disc)

 

SOLDIRADEM BLOG - DVD merupakan perangkat yang berfungsi sebagai pemutar piringan kaset /disc. Sekarang ini DVD selain sebagai pemutar kaset juga memiliki fungsi yang lainya sperti, Port USB, yang berfungsi sebagai pemutar mp3 dan mp4. Tapi kita akan membahas tentang penyebab saat akan digunakan untuk memutar kaset DVD no disc atau tidak dapat membaca kaset yang hendak diputar. Oleh karena itu saya memberikan ulasan mengenai 5 penyebab DVD tidak membaca kaset /no disc.

1. Kaset yang Diputar

DVD sekarang ini ada beberapa jenis yang memang tidak dapat memutar kaset yang tebal dan memorinya sangat besar. Misal jenis DVD Cina seharga 150 ribuan. Saat terjadi no disc pada DVD cobalah kenali kaset yang anda putar, apakah kaset jenis CD ,DVD, atau yang lainya. Kerap kali pada kaset jenis CD tidak dapat diputar pada DVD player.  Tapi piringan jenis DVD yang memorinya sangat besar juga tidak dapat di putar pada DVD player juga. Sebenarnya DVD piringanya sangat tebal bisa diputar pada DVD player yang merek cina namun akan merusak kekuatan motor pada MPG DVD. Biasanya Setelah memutar kaset yang tebal tadi akan tidak dapat memutar kaset lagi dan menyebabkan mode no disc secara terus menerus. Ini menandakan bahwa DVD anda rusak parah pada bagian motor, lebih parahnya shortnya IC control pada MPG DVD.

2. Optik Kotor

Optik kotor ditandai dengan gejala, DVD saat di gunakan gambar dan suara tersendat-sendat, bahkan bisa no disc tapi motor masih bisa berputar. Ini bisa ditangani dengan hanya membersihkan optik menggunakan catoonbat, kapas dengan bahan yang lembut jangan sampai menggores bagian optik. Jika sampai tergores maka dapat menyebabkan optik tambah tidak berfungsi, akhirnya harus ganti optik dengan yang baru.

3. Optik Mati

Optik mati biasanya ditandai dengan, Optik tidak menyala sedikitpun sehingga tidak dapat memutar disc sedikitpun. Optik tidak dapat menyala mengindikasikan kerusan dua hal, yaitu optik mati dan Blog mpg short pada IC. Tapi sebelum memastikan optik dan MPG nya mati bisa dicoba ganti kabel optik.

4. Kabel Optik Fleksibel Rusak

Ini kadang juga bisa menyebabkakan DVD tidak dapat memutar kaset. Kabel optik sering berkarat, terlipat sehingga kabel tidak dapat menghubungkan antara MPG dan optik DVD. Anda bisa membeli kabel optik baru seharga Rp.2000 di toko elektro terdekat. Mengganti kabel optik ini berfungsi untuk menentukan kerusakan yang terjadi, antara optik ,MPG, atau hanya kabel optiknya yang rusak. Maka bagian ini sangat menentukan letak penyebab kerusakan DVD no disc..

5. Power Supply Lemah 

Penyuplay DVD ialah jenis regulator AC-Matic. Regulator DVD sangat sensitif, karena bekerja menyuplay sering menyebabkan DVD no disc, gejalanya saat DVD di nyalakan dan akan memutar piringan DVD lampu indikator akan sedikit meredup-redup. Menandakan bahwa blog PSU lemah. PSU lemah disebabkan oleh elco yang kering, dioda penyearah output short.

Itulah beberapa penyebab DVD no disc atau tidak dapat memutar kaset. Pada dasarnya kerusakan DVD tergantung kekuatan MPG kit. Maka dari itu anda saat ingin membeli DVD lebih baik beli yang terbukti berkualitas, mahal sedikit menentukan apakah DVD player dapat memutar atau tidaknya kaset yang anda miliki. Sebagai merek yang berkualitas misal LG, SHARP, POLYTRON, GMC. Itu sedikit lebih mahal tapi anda akan tidak kecewa dengan semua itu. Karena dapat membaca setiap disc yang anda punya.
Saya menganjurkan jangan memutar DVD dengan kaset yang murahan atau bajakan, selain merusak DVD juga dilarang Negara. See u all!

DVD no disc load

No comments:
Write comments