10 April 2017

Begini lo, Susah Senangnya Seorang Tuser Elektronik

 



SOLDIRADEM BLOG - Servis Elektronik merupakan sebuah kegiatan mencari dan mengganti. Mencari berarti kita harus beusaha memahami setiap fungsi dari masing-masing blog agar kita mudah mencarinya. Mengganti berarti setelah ketemu permasalahanya kita harus mengganti part yang mati. Diantara mencari dan mengganti yang sulit ialah mencari. Mencari kerusakan apabila belum pengalaman akan kesulitan. Namun apabila sudah pernah menemui kerusakan yang sama, belum tentu juga sama komponen yang rusak.
 
Mencari kerusakan tak semudah membalikan telapak tangan. Terkadang mencari kerusakan memakan waktu berhari-hari. Setelah ketemu belum lagi jika komponen yang rusak sulit di pasaran. Ternyata kesulitan tak hanya di kerusakan saja, tapi juga didalam proses pencarian sparepart. Iya kalau ada gantinya, jika tidak ada maka terpaksa kita rugi waktu dan tenaga.

Saat sepi pasien mungkin lebih ngenes lagi apabila seorang teknisi elektronik full profesi. Jika tidak ada buruan lainya, teknisi tidak punya pemasukan.  Bagi yang berkeluarga maka anak istri makan apa coba?. Makan komponen?  Tentunya tidak demikian. 

Teknisi kadang juga tidak di hargai oleh paien. Kenapa begitu?  Kita teknisi sebagai penjual jasa tentunya ingin do hargai sepantasnya sebanding lurus dengan jeripayah yang dilakukan. Tapi jasa memang bukan berbentuk barang, tak terlihat. Oleh karena itu pasien sering mengeluh kemahalan terhadap apa yang kita kerjakan. Belum lagi jika kita menaruh garansi , jika rusak lagi kan kita yang repot juga. Ngeselin memang jika dapat user yang memang orangnya sulit mengerti susahnya memperbaiki sebuah perangkat elektronik. Ilmu Dan pengalaman Itu mahal. Iya mahal. Coba hitung saja berapa biayaya trial error Dan menuntut ilmu sekolah itu kan mahal juga. Belum lagi onkos mencari sperpart. Kelihatannya sih spele cuman nyambung kabel, namun semua itu Butuh Ilmu dan pengalaman.

Berbagai masalah akan terus ?berdatangan jika kita tidak punya pondasi yang kuat maka akan berdampak pada psikologis seorang teknisi. Karena seorang tuser harus menghadapi permasalahan yang harus di slesaikan. Fondasi seorang teknisi di pengaruhi oleh tujuan. Apakah elektronika itu sebagai kesenangannya atau hanya sekedar profesi sebagai pemenuhan hidup. Melakukan yang kita senangi adalah kunci sukses yang berarty.  Mencintai yang kita lekukan akan menuju keberhasilan.

Kesenangan seorang teknisi ialah ketika dapat menyelesaikan permasalahan yang sulit dapat diatasi dengan mudah. Selain itu teknisi juga suka tantangan.  Yang paling di senangi lagi ketika kita gajian. 

Demikian ulasan tentang susah senangnya menjadi profesi tuser elektronika. Semoga memberikan gambaran bagaiman seorang teknisi bekerja.

By; Muhlisun
TEMANGGUNG, JAWA TENGAH, INDONESIA
Salam untuk semua teman-teman Yang Ada di forum HITEK, SEI, DLL.
Semoga teknisi selalu jaya Dan sejahtera.! "
Amin ya robalalamin.
Kuncinya dalam elektronika ialah terus belajar..!

No comments:
Write comments