02 April 2017

CARA KERJA TELEVISI SECARA SEDERHANA

 

SOLDIRADEM BLOG- Berikut soldiradem akan shere pengetahuan dasar cara kerja televisi secara sederhana. Ini adalah sebuah ulasan untuk menambah wawasan anda terutama untuk pemula.
Karena ini merupakan bagian awal dari materi reparasi televisi. Maka silahkan di fahami.

Pesawat Televisi merupakan penerima signal yang di pancarkan oleh pemancar televisi. Sinyal yang di pancarkan oleh pemancar Televisi adalah menggunakan sistim PAL (di indonesia) ,adapun signal yang di pancarkan adalah:

• Sinyal gambar dalam bentuk amplitudo modulasi ( AM)
• Sinyal suara dalam frekwensi modulasi (FM)
• Pulsa syncronisasi
Ketiga sinyal tersebut di kenal dengan sinyal video composite.

Sinyal TV yang berisi informasi sinyal gambar, sinyal suara dan pulsa syncronisasi yang lebih di kenal dengan video majemuk, sinyal tersebut diterima oleh rangkaian penerima gambar dan suara.

* Sunyal suara di salurkan ke rankaian suara kemudian di berikan ke speaker sehingga daptar kita dengar melalui telinga.
* Singal gambar di salurkan ke bagian rabgkaian demodulator warna yang memppunyai 3 buah output yaitu R out, G out, B out. Kemudian ketiga signal warna tersebut di salurkan ke masing-masing katoda R, G, B pada CRT  sehingga menjadi sebuah gambar yang dapat kita lihat.
* Pulsa syncronisasi masuk ke generator pulsa syncronisasi guna mengatur rangkaian defleksi yoke yang terdiri dari defleksi vertikal dan horizontal. Digunakan untuk mengatur scanning pada layar CRT melalui dfkeksi yoke yang terpasang di leher CRT.

Begitulah sistim kerja pesawat televisi secara sederhana untuk anda fahami. Ini gambaran sederhana untuk lebih detilenya bisa lihat di blog ini.

Lanju baca:
Prinsip dasar kerja rangkaian televisi warna

Catudaya televisi

No comments:
Write comments