03 April 2017

Cara Memasang Kipas pada TV untuk Mencegah Overheating

 

Cara Memasang Kipas pada TV– Memasang kipas pendingin pada pesawat TV kedengarannya agak aneh dan mungkin jarang dilakukan. Namun langkah ini sebenarnya solusi paling efektif dibanding penambahan heatsing sebab dengan kipas pendingin proses pendinginan bisa berlangsung lebih cepat. Kelebihan lainnya, pendinginan menggunakan kipas bukan hanya untuk satu area komponen saja melainkan ke seluruh komponen mesin TV.



Pemasangan kipas pendingin tentu sangat cocok untuk mesin rakitan TV China yang biasanya mudah panas seperti pada komponen IC utama, transistor, regulator, resistor pembatas (pembagi supply) terutama bagian IC vertical dan transistor horizontal yang merupakan dua komponen paling cepat panas. Mengapa dikatakan paling cepat panas? Karena keduanya hanya memakai satu pendingin saja yaitu pendingin heatsing.

Cara memasang kipas pada TVdiprioritaskan untuk mesin TV yang cepat sekali panas terutama pada TV mesin China rakitan. Disini yang dimaksud TV rakitan yaitu TV yang menggunakan tabung (crt) bekas monitor komputer seperti yang kini marak dipasaran. Karena harga yang jauh lebih ekonomis jenis TV mesin rakitan ini cukup laris sementara terkait ketahanannya hanya soal keberuntungan. Ada yang sudah dipakai bertahun-tahun tetap bagus tapi, ada yang langsung rusak meskipun hanya dipakai dalam hitungan bulan atau bahkan hari.  

Kipas pendingin untuk Menyerap Udara Dingin dari Luar

Mesin TV, terutama mesin TV China rakitan yang mudah panas dapat diatasi dengan pemasangan kipas pendingin. Kipas pendingin ini mampu bekerja maksimal menyerap udara dingin dari luar untuk kemudian meniupkan ke seluruh bagian dalam mesin TV. Sebenarnya kipas bisa dipasang terbalik, yaitu udara panas dalam TV dihisap lalu dikeluarkan, namun langkah ini kurang optimal untuk membuat mesin TV cepat dingin.



Untuk cara memasang kipas pada TV, posisikan kipas dibagian sisi paling dekat dengan lubang ventilasi. Umumnya ventilasi terdapat di sisi kiri dan kanan casing penutup bagian belakang. Penempatan kipas dekat ventilasi tujuannya supaya kipas lebih maksimal menyerap udara dingin melalui celah ventilasi dan dengan mudah pula meniupkannya ke dalam mesin. Apabila pemasangan dilakukan jauh dari celah-celah ventilasi maka udara hanya berputar didalam sehingga proses pendinginan tidak berjalan maksimal.

Cara Memasang Kipas pada TV dengan Benar

Untuk memasang kipas pendingin pada TV ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini.
  1. Supply negatif kipas yang dipasang harus dihubungkan sedekat mungkin dengan pin ground (negative trafo switching) supaya tidak terjadi interferensi yang mengurangi kualitas gambar.
  2. Supply positif kipas yang dipasang harus dihubungkan dengan supply 12v atau bisa mencari supply lain yang terdapat pada stabilizer power on/off. Tujuannya agar kipas otomatis tidak bekerja jika TV dalam kondisi standby.
  3. Supaya tidak terlalu berisik supply yang diberikan kipas sebaiknya dikurangi atau bisa juga menggunakan 1/2 dari voltase kipas. 

Memasang Kipas Pendingin pada TV dengan Cara Lain

Pemasangan kipas TV dengan memanfaatkan sumber tegangan pada TV dapat dilakukan dengan cara lain yaitu dengan memanfaatkan induksi yang telah dihasilkan flay-back lalu merubahnya menjadi tegangan. Tentunya cara ini lebih mudah dan praktis. Nah, untuk memperoleh tegangan dari flay-back caranya cukup mudah yaitu dengan melilitkan kabel pada batang ferrite flay-back.

Adapun jumlah lilitan pada batang ferrite bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Intinya semakin  banyak lilitan maka tegangannya semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Lilitan pada ferrite ini menghasilkan tegangan listrik AC (arus bolak balik). Oleh karena kipas menggunakan arus DC maka tegangan AC yang telah dihasilkan induksi harus diubah menjadi tegangan DC menggunakan komponen diode, elco juga resistor.

Cara memasang kipas pada TVini tidak hanya berfungsi untuk mesin TV China rakitan tapi juga semua jenis TV yang mudah panas terutama model TV slim Polytron, LG, Sharp, atau TV lain yang hanya menggunakan heatsing kecil. Selamat Mencoba.





No comments:
Write comments