16 April 2017

Cara Memperbaiki Audio Mobil Mati Total dan Protec

 

cara servis audio mobil mati total dan proteck

SOLDIRADEM BLOG -  Pagi hari ketika saya mulai beraktifitas seperti biasa, tiba-tiba datang seseorang membawa audio mobil merek a/d/s tipe A-390-4, 4 channel mosfet power amplifier. Keluhan audio mobil tersebut mati total. Kata si pemilik audio mobil tersebut, ketika audio sedang digunakan tiba-tiba bau komponen yang terbakar lalu mati total. Kemudian saya mulai memeriksa audio mobil a/d/s (analog digital system) tersebut dengan membuka casing bagian bawah. Ketika saya mengamati demua komponen ada yang terbakar ppada blog amplifier. Lalu saya pun mencoba menyalakan audio menggunakan power suplay 12V. Tidak lama kemudian tercium bau komponen terbakar dari area inverter. Ternyata setelah saya raba menggunakan tangan, ketemu IC TL494CN  dengan keadaan panas. Kemudian IC tersebut saya ganti.

Langkah Penyelidikan Audio Mobil Mati Total
Ketika anda ingin memperbaiki audio mobil mati total pertama yang anda tempuh ialah mencopot beban inverter. Putuskan semua yang terhubung dari out inverter. Kemudian setelah mencopot semua beban, hubungkan inverter dengan power suplay 12volt. Sekarang coba tes menggunakan tester DC Volt. Apakah ada tegangan? Jika ada tegangan kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian power amplifier ada yang short misalnya transistor final di salah satu chanel. Tapi jika tidak ada output inverter kemungkinan inverter memang mati.

Cara menangani Inverter mati
Ketika penyelidikan inverter tidak mengeluarkan tegangan meskipun beban sudah dilepas dapat mengindikasikan kerusakan memang pada inverter itu sendiri. Komponen yang sering mati ialah IC CSZ44V yang berfungsi membangkitkan tegangan. IC ini ketika mati sering short antara kaki 1 dengan yang lainya atau ketiga kaki saling berhubungan sehingga kadang menyebabkan fuse input dari ACU putus. Jika IC 55nf06 4 normal semua bisa jadi IC TL494cn yang mati. IC TL ini jika mati ditandai dengan terbakar atau panas berlebih terjadi pada body IC. Penyebab ic tl ini sering mati di sebabkan karena tegangan dari ACU turun naik dan juga di sebabkan oleh komponen transistor pendukung IC.

Cara menangani ketika ketika beban dilepas output inverter tegangan normal
Penyebab tegangan oupt inverter hilang disebabkan oleh salah satu komponen short. Jika terus dibiarkan maka inverter akan ikut short. Oleh sebab itulah pencopotan beban penting dilakukan. Jika sudah terlanjur merembet ke inverter terpaksa kerusakan akan sangat parah. Yang perlu dipahami adalah arus pendek paling sering disebabkan oleh amplifier terutama transistor final. Maka langkah yang perlu ditempuh ialah mengecek seluruh transistor final pada setiap chanel.

Seperti yang saya tangani sekarang ini mempunyai empat channel output amplifier terjadi kerusakan pada salah satu channel sehingga menyebabkan system protek bekerja dan terlanjur menghantam IC inverter TL 494CN. Terpaksa mengganti IC tersebut lalu inverter normal kembali. Pada salah satu chanel amplifier nampak ada komponen berupa resistor 100 Ohm terbakar, transistor driver 2N5551 meledak, transistor Final Tip42 short. Pantas saja proteck. Setelah penggantian komponen tersebut dan saya mencoba menghubungkan ke inverter alahasil tidak protek dan audio mobil normal kembali.

Kesimpulan:
Ketika menemui kerusakan audio mobil mati total pertama yang dilakukan adalah mencopot beban inverter atau bisa dibilang meng cut jalur ke amplifier positive (+) dan negative (-). Setelah melepas beban maka kita bisa melihat penyebab kerusakan. Apakah pada blog inverter atau blog beban / amplifier. Hal ini berlaku pada audio mobil yang protech juga demikian. Jika mati pada blog inverter biasanya short pada bagian IC CSZ44V dengan gejala fuse putus, tapi ketika blog ampli yang mati ditandai dengan protec/menyala sebentar langsung mati.

No comments:
Write comments