08 April 2017

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Rusak dengan Langkah Mudah

 

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Rusak – Speaker aktif dengan amplifier yang menggunakan sistem OCL (Output Capasitor Less) mempunyai keunggulan respon frekuensi yang lebih baik dari sistem yang memiliki capasitor. Namun sistem dengan rangkaian ini rentan mengalami kerusakan karena tegangan vcc power supply dialirkan langsung ke speaker.

Kerusakan speaker aktif dengan rangkaian non capasitor diatas biasanya ditandai speaker mengeluarkan bunyi mendengung dan jika tidak segera diperbaiki bisa menghanguskan bagian transformer (trafo). Namun kondisi ini jarang terjadi pada speaker aktif branded (yang harganya mahal) karena biasanya pada rangkaian amplifiernya sudah dibekali sensor dan protector yang tidak dimiliki speaker aktif home-made.    

Tanda-tanda Kerusakan Speaker Aktif


Sebenarnya cara memperbaiki speaker aktif rusak sangat tergantung dari jenis kerusakannya. Disini ada beberapa jenis kerusakan yang umum terjadi pada speaker aktif seperti:
  1. Mati total yang ditandai lampu indikator pada power tidak menyala. Yang perlu dicek adalah steker atau kabel listrik apakah putus karena tembaga sudah berkarat, saklar power on/off berkarat atau leleh akibat panas berlebih, atau kemungkinan bagian trafo yang putus.
  2. Speaker aktif berdengung tapi masih terdengar suara. Kemungkinan kerusakan terjadi pada komponen elco filter power supply (kaki elco lepas atau solderannya retak). Jika speaker aktif menggunakan kit amplifier stereo kemungkinan terjadi kerusakan di bagian L atau R. Bagian L rusak sehingga mempengaruhi bagian R, begitu juga sebaliknya.

Kerusakan Speaker Aktif Paling Fatal


Speaker aktif dikatakan mengalami kerusakan fatal jika mengeluarkan suara berdengung yang sangat keras.  Suara asli juga tidak keluar meskipun sudah diberi input. Jika terjadi kondisi seperti ini sebaiknya jangan menyalakan speaker aktif terlalu lama karena kerusakan bisa menyebar ke komponen-komponen lain sehingga kerusakan bertambah parah.
Adapun cara memperbaiki speaker aktif rusakfatal seperti ini langkah-langkahnya adalah:
  1. Ukur tegangan supply vcc (+) maupun vvc (-) dengan ground. Pastikan keduanya ada dan seimbang
  2. Cari kerusakan dengan memeriksa kemungkinan adanya komponen yang hangus
  3. Lepaskan lalu uji komponen perbagian transistor final maupun transistor driver juga komponen pendukung yang lain
  4. Ganti komponen yang rusak
  5. Setelah komponen yang rusak diganti lanjutkan dengan menguji kit amplifier

Sebenarnya memperbaiki rangkaian amplifier cukup mudah, dengan catatan paham dengan sistem kerja amplifier. Satu hal yang harus dipahami, semua komponen pada rangkaian amplifier saling terhubung satu sama lain, misalnya transistor final dan driver. Jadi misalnya transistor drivernya rusak, kemungkinan besar transistor final juga rusak dan bisa menyebar ke komponen yang lain.

Kesalahan fatal yang terjadi ketika memperbaiki rangkaian amplifier biasanya kurang teliti waktu mencari sumber penyebab kerusakan. Akibatnya komponen pengganti juga menjadi korban. Untuk mengantisipasi hal tersebut berikut solusinya:
  1.           Jika komponen kit amplifier sudah diganti sebaiknya tidak buru-buru menguji speaker
  2.            Lakukan uji coba rangkaian amplifier, transistor final (Q7 & Q8) dilepas dulu
  3.     Coba beri tegangan pada rangkaian (tanpa transistor final) lalu ukur output menggunakan mulitmeter

Rangkaian amplifier sudah kembali bekerja normal jika output amplifier ketika diukur menggunakan multimeter tidak keluar tegangan DC berlebihan (0,25mV). Apabila pada posisi DC masih mengeluarkan tegangan berlebihan maka bisa dipastikan masih ada komponen yang rusak. Tentu saja harus diteliti ulang. Disamping tidak mengeluarkan tegangan berlebihan, rangkaian amplifier sudah bekerja normal ditandai dengan keluarnya tegangan AC dari output ketika input diberi sinyal audio atau sedikit sentuhan tangan.


Demikian sedikit wawasan mengenai cara memperbaiki speaker aktif rusak. Semoga memberi banyak manfaat terutama bagi yang punya hobi otak-atik perangkat elektronika.  

No comments:
Write comments