12 April 2017

Cara Simple Memperbaiki Setrika Mati dan Tidak Panas

 

SOLDIRADEM BLOG - Memperbaiki setrika sebenarnya sangat mudah, karena komponen yang ada di dalamnya hanya komponen penghantar panas, yaitu elemen pemanas, termostate, dan hot adjuster. Jika anda ingin memperbaaiki sendiri setrika di rumah anda monggo bongkar saja jangan takut. Selain lebih ekonomis memperbaiki setrika juga akan menambah pengalaman anda di bidang kelistrikan, jika sebelumnya belum pernah menangani kerusakan perangkat elektronik. Dengan catatan anda harus punya peralataanya sperti AVO Meters/ multitester, obeng. Kemudian setelah anda punya alat tersebut kini meleangkah ke cara kerja.

Cara kerja
1. Untuk mempermudah pengecekan Lepaskan baut pengunci casing biasanya terletak di area belakang setrika.
2. Gunakan multitester arahkan fungsi tesrter ke mode Ohm Meter 1×.
3. Cek kabel streker 220 AC. Dengan Ohm Meter tersebut. Apakah masih nyambung? Jika masih ,kita melangkah ke kerja berikutnya. 
4. Cek thermostate, berbentuk seperti dioda yang di bungkus kain tahan panas.
tanda dari termostate ini jika di tes menggunakan ohm meter jarum bergerak ke kanan berarti masih baik. Begitu tidak ada gerakan jarum maka ? pastikan mati dan harus diganti.

5. Cek elemen pemanas berbentuk. Melengkung menempel di bodi bawah. Pastikan elemen pemanas ini menyambung sedikit ada resistensinya, jika di tes menggunakan tester jarum akan bergerak ke kanan penuh,sedikit resitensi di artikan elemen normal.

6. Saklar pemindah level/level adjuster tidak nyambung kendor. Kadang hanya saklar ini yang memang sering di gunakane biasanya kendor atau karatan sehingga arus listrik terhambat untuk menuju elemen pemanas.

Kesimpulan;
Kerusakan komponen yang paling sering terjadi adalah kabel streker putus, termostate, saklar level hot. Untuk elemen pemanas ,jarang rusak karena dipengaruhi oleh usia dan seberapa sering setrika digunakan. Jika body setrika nyetrum berarti ada yang short dengan body misalnya elemen sudah short dengan body, thermostate terkelupas dari kain pelindung, dan juga kabel yang terbakar sehingga terkonek dengan body setrika.
Singkat saja, mengenai cara memperbaiki setrika mati tidak panas. Semoga setrika yang bermasalaah di rumah anda teratasi dengan artikel sodiradem blog. Terima kasih sudah mampir di blog ini.

No comments:
Write komentar