16 April 2017

Langkah Menangani TV LG Nampak di Layar Bagian Atas Ada Garis-garis Buku

 

SOLDIRADEM BLOG  - Kerusakan TV LG pearl black pada vertikal blog dengan gejala nampak di layar bagian atas ada garis-garis mendatar seperti buku tulis namun hanya seperempat bagian saja. Jelas saja ini yang bermasalah adalah bagian vertikal. Salah satu penyebabnya ialah komponen pendukung ic vertikal ada yang koit. Jika anda mempunyai masalah di atas coba pakai cara yang pernah saya lakukan.

Langkah kerja:

1. Siapkan alat kerja berupa multitester, obeng, solder, pum atracktor, timah.

2. Buka casing TV menggunakan obeng dengan hati-hati jangan sampai membentur ujung lancip CRT.

3. Bersihkan mainboard menggunakan kuas. Sampai debu di MoBo hilang, sehingga anda dapat dengan mudah mengamati komponen dengan jelas.

4. Perhatikan solderan
Apakah ada yang retak? Jika iya maka solder ulang pada bagian yang retak. Biasanya keretakan solderan terdapat pada kaki-kaki IC dan transistor.

5. Kemudian setelah pengamatan tidak ada komponen yang anda curigai, dan sudah melakukan solder ulang pada kaki komponen sekarang TV coba nyalakan. Jika TV nyala normal maka kasus ini disebabkan oleh solderan yang retak dan MoBo kotor.

6. Tapi apabila masalah belum teratasi maka anda melangkah ke kerja berikutnya yaitu cek elco pada bagian blog vertikal babat habis semua yang ada di area blog vertkal, terutama pada out vertikal yaitu elco pump up berukuran 100uf,35V. No tertera di FCB C307. Kemudian setelah itu nyalakan kembali TV. lihat hasilnya apakah layar normal?  Jika belum normal mengganti elco pump up lanjutkan mengganti elco pada filter tegangan B+ vertikal. Jika belum teratasi mengganti elco filter B+ vertikal kemudian  meangkah ke komponen pendukung lainya,dioda, resistor capasitor.

7. ,Dan langkah terakhir ialah mengganti IC Vertikal. Dengan pertimbangan apabila komponen pendukung dan tegangan dirasa normal.

Kesimpulan:
Kerusakan pada TV LG dengan masalah ada garis-garis buku di bagian atas layar disebabkan oleh blog bagian vertikal. Paling sering, kerusakan tersebut dipicu oleh elco yang kering pada bagian elco pum up 100uf 35v. Jika tidak demikian di sebabkan oleh IC vertikal itu sendiri. Karena suplay gigi gergaji tidak dapat membuat bagian pum up normal. Kerusakan seperti ini kadang juga dapat di atasi dengan menggunakan servis mode adjuster pada menu tersembunyi.

Semoga berhasil!

No comments:
Write comments