05 April 2017

Masalah Warna TV CRT dan Cara Mengatasinya

 

SOLDIRADEM BLOG- Berikut ini ialah materi lanjutan tentang warna televisi yang bermasalah. Disini saya menuliskan terdapat tiga masalah. Ketiga masalah berikut merupakan kerusakan warna CRT yang di sebabkan komponen pendukung tabung. Untuk itu baca dulu mengenai komponen pendukung tabung di halaman lainya yang terdapat di blog ini. Disini

Penyebab permasalahan gangguan warna pada CRT saya bagi menjadi tiga bagian. Berikut ulasanya:

#1. Layar tidak Bisa Menampilkan Warna Hitam dan Putih

Gejalanya pada pesawat menerima signal hitam dan putih tidak dapat di tampilkan, tapi justru yang tampil warna kemerah-merahan atau kebiru-biruan atau warna lainya pada saat objek gambar sebenarnya hitam dan putih. Gejala ini di sebabkan karena adjusmen keseimbangan putih (whaite balance) yang tidak tepat.

Cara mengatasinya:

- Bila layar tampil warna kemerah-merahan, aturlah variable resistor pengatur bias warna pada video out (RGB OUT) ke kiri.

- Bila warna tampil kebiru-biruan aturlah vr pengatur bias warna biru ppada rgb out kekiri.

- Bila ternyata setelah mengatur VR tersebut kemudian layar tampil kekuning-kuningan maka berarti vr pebgatur bias biru perlu di tambah (putar ke kanan)  dan selanjutnya pengaturan vr bias RGB tersebut dapat di lakukan satu persatu sampai di dapat keseimbangan warna putih, buatlah raster menjadi satu garis horizontal dengan menggeser switch /saklar white balance (switch servis)  kemudian atur masing-masing VR pada RGB out sampai mendapatkan garis horisontal yang berwarna putih. 

#2. Gambar Warnanya Tidak Rata

Gejalanya pada saat tampilan gambar dengan warna polos misalnya warna langit atau rumput, terdapat warna liar disekitar layar.  Gejala seperti ini di sebabkan adanya pengaruh kemagnitan liar di sekitar layar televisi atau karena pengaturan ring purity yang kurang tepat. 

Cara mengatasinya:

- Gunakan kumparan degauss (degausing coil /demagnetizer) untuk membuang pengaruh kemagnetan liar tadi.

⇨Cara menggunakan kumparan degauss:

Dekatkan kumparan degauss sekitar 20-30 CM di depan tabung gambar (CRT)  kemudian hidupkan /tekan saklar kumparan degauss dan gerakan memutar sambil menjauhi CRT lalu matikan / lepas sklar degaus tadi dan lakukan secara berulang jika warna liar tadi belum hilang. Pastikan saat saklar degaus on, jarak antara degausing dengan CRT tidak boleh terlalu dekat karena dapat mempengaruhi masker tabung termagnetisasi sehingga warna liar tadi menjadi tambah lebar.

Jika kemagnitan warna bukan dari luar televisi berarti magnit berasal dari puritas warna yang terdapat di leher CRT. Cara mengatasi ialah dengan mengatur puritas warna sebagai berikut;
1). Amati dengan kaca pembesar posisi struktur balok-balok warna pada CRT yang akan di stel puritas warnanya.
2). Pilih salah satu saluran penerima pada kanal yang kosong (tidak menerima siaran)  untuk menghindarkan pangaruh nois atau signal pada gambar CRT. 

3). Kendurkanlah baut pengunci yoke defleksi dan rapatkan kedua ring priuritas warna hingga numpuk agar resultan medan magnet nya minimum.  

4). Geser kumparan defleksi kedepan sampai menyentuh leher kerucut CRT. 

5). Aturlah ring puritas warna yang menumpuk tadi dengan mnggeser perlahan-lahan untuk menampilkan sebuah warna primer dari penembak warna (elektron gun). 

6). Buatlah agar seluruh raster menyala dengan warna primer tersebut di atas, dengan menggeser yoke dfleksi ke belakang. 

7). Lakukan dengan cara yang sama pada langkah ke-5 dan ke-6  untuk menembak yang lain dan setelah selesai jangan lupa mengeraskan baud pengunci yoke.

Langkah kerja 1-7 di atas berlaku untuk tipe tabung gambar dengan sistem penembak in line.  Sedang untuk tabung delata ikuti langkah kerjanya sebagai berikut;:

Dari langkah kerja di atas kecuali langkah no 5 yang berbeda pad langkah ke lima buatalah bagian tengah raster menjadi merah dengan menyetel tankai ring kedua magnit puritas warna hingga membentuk sudut atau dengan memutar secara bersama-sama.

#3. Gambar Dengan Warna yang Berhimpit

Gejalanya bila penampilan wajah orang akan terlihat jelas pada sisi wajah terdapat garis warna yang bergeser sehingga penampilan gambar dengan warna yang tidak sempurna, hal ini di sebabkan karena penyetelan ring magnet Konvergen CRT tidak  tepat.

Cara mengatasinya

Dengan menggunakan ring magnet konvergen kembali dengan car sebagai berikut :

1). Gunakan pettern generator dengan output pola pagar silang (cross hatc) . Bila tidak pattern generator maka dapat mengambil waktu pada saat stasiun pemancar sedang menayangkan pola teknik menjelang siaran dimulai. 

2). Perhatikan bagian tengah raster, buatlah garis vertikal merah dan biru berpasangan dengan cara membentuk sudut pada ring konvergensi 4 kutub.

3). Buatlah garis-garis horizontal merah dan biru yang berpasangan dengan cara memutar dua buah kutub 4 dari ring konvergen secara bersama-sama. 

4). Perhatikan bagian tengah, buat garis-garis vetikal hijau dan magenta, berpasangan dengan cara menyetel kedua tingkai ring magnit kutub 4 hingga membentuk sudut. 

5). Buatlah garis-garis vertikal hijau dan magenta yang berpasangan dengan cara memutar dua buah magnit berkutub 6 secara bersama-sama.

6). Bila penyetelan telah selesai maka jangan lupa tetapkan yoke dengan pasak karetnya.

Ketiga permasalahan di atas merupakan gangguan pada warna CRT. Biasanya yang sering terjadi ialah gangguan yang no1 dan 2 karena no tiga jarang terjadi kecuali settingan dari pabrik telah terusik saat kita akan mengganti tabung CRT. Jadi saya menyarankan agar hati-hati saat mencopot cincin konvergen dan magnit puriti.

Demikianlah gangguan warna CRT yang dapat saya uraikan. Pasti masih banyak kekurangan dari tulisan saya ini. Semoga dapat di fahami sebagaimana mestinya. 


Artikel terkait; 6 penyebab kerusakan sistim warna secara umum


Gambar komponen pendukung tabung

No comments:
Write comments