14 April 2017

Menangani TV Polytron Layar Melengkung Bagian Samping Kiri dan Kanan

 

SOLDIRADEM BLOG - Kerusakan TV polytron layar melengkung pada bagian samping. Ini sering terjadi pada jenis TV Polytron ukuran 21 inci, jenis CRT flat/datar. Kebetulan sekali awal Bulan ini saya dapat servisan TV Polytron dengan tipe PS30UV25BA gejala tidak bisa start. Pada saat TV dinyalakan, nampak cahaya sebentar lalu kembali standbay atau bahasa kerennya protek. Protek berarti ada salah satu komponen yang tidak beres sehingga system proteksi bekerja.

Ketika TV jenis polytron protek maka yang terlintas pertamakali adalah blog bagian vertikal elco ukuran 1uf yang bermasalah. Kemudian setelah saya buka dan saya amati semua komponen dan solderan dalam keadaan baik-baik saja. Lalu saat itu langsung menuju ke bagian vertikal, menyoldiri kaki IC vertical dan mengganti komponen elco 1uf/50v. Kemudian TV saya nyalakan. TV menyala namun Ada masalah pada tampilan layar, yaitu layar melengkung pass bagian samping kiri dan kanan seperti bantal berdiri. Ow, ternyata system protek bekerja disebabkan oleh problem tampilan layar melengkung. Si canggih ini memang sakti dengan system proteksinya. Dapat memprotek setiap ada kerusakan.

Sebelumnya saya pernah menemui kerusakan layar lengkung samping. Pengalaman sebelumnya saya pakai pada kerusakan kali ini. Waktu itu saya mengganti komponen pada bagian horizontal driver yaitu transistor D313 dan elco berukuran 22uf50V. Kali ini saya mencoba dengan pengalaman saya yang dulu dengan mengecek transistor EW D313. Dan benar saja ternyata TR tersebut short, terjadi kebocoran antara kaki colektor dengan emitornya. Setelah mengganti transistor, saya menemukan kejanggalan pada elco berukuran 22uf50v yang melembung pada bagian bawah elco. Kemudian elco saya ganti dengan ukuran yang sama.

Setelah pengalaman saya yang dulu diterapkan pada masalah ini, alhasil TV menyala dengan normal.  Poblem layar melengkung samping sudah teratasi dengan mudahnya. Tidak ada permasalahan yang lain lagi. Tapi ternyata poblem belum selesai karena beberapa menit TV saya tes, layar kembali melengkung dan protek lagi. Ada apa gerangan?  Dulu aman-aman saja tapi sekarang ada tambahan apa lagi komponen yang mati.

Setelah pengecekan berlangsung selama beberapa jam saya menemukan lagi komponen yang mati yaitu sebuah dioda dengan urutan no 804 seri DMV1500. Pada awalnya saya cuma iseng mengganti dioada tersebut namun malah benar dioda tersebut koit. Karena saat saya cek dioda tersebut normal dan tidak ada sedikitpun ada tanda kebocoran. Kemudian saya kembali mengganti elco 1uf pada bagian blog vertikal karena biasanya saat sistem protek terjadi maka elco tersebut mati lagi meski kadang tidak demikian,  namun demi keawetan TV saya ganti lagi dengan yang baru.  Akhirnya TV normal sampai user mengambil TV polytron dengan senang hati.

Sampai sekarang TV masih hidup dengan normal dan tidak ada komplinan. Mudah-mudahan awet selamanya. Sampailah di akhir cerita saya hari ini semoga memberikan refrensi mengenai poblem TV polytron awalnya protek Dan ternyata protek disebabkan oleh blog bagian horizontal. Dengan gejala layar melengkung bagian samping.

Artikel tekait: TV politron mati standbay

No comments:
Write komentar