29 April 2017

Pentingnya Keamanan Instalasi Listrik Rumah

 

Pentingnya instalasi listrik rumah - Instalasi listrik merupakan suatu bagian sangat penting di rumah kita, berfungsi untuk mendistribusikan aliran listrik dari jala listrik PLN. Instalasi listrik di rumah kita biasanya terletak diatap maupun ditanam di dalam tembok agar terlihat rapi dan aman. Namun, apakah sudah memastikan layak keamanan Instalasi listrik di rumah anda?, jika belum meski harus distandarkan layak oprasi.

Demi keamanan dan kenyamanan anda sekeluarga, instalasi listrik di rumah harus safety /aman. Ada berbagai macam cara agar instalasi listrik aman.  Disini saya ingin menuliskan beberapa cara untuk memastikan instalasi listrik di rumah anda benar-benar aman. Untuk mencegah sesuatu yang tidak di inginkan.

Standar Nasional Indonesia (SNI) 
SNI merupakan sebuah standar acuan suatu produk apapun tak terkecuali peralatan listrik yang anda gunakan. Saat anda membeli perangkat listrik haruslah memilih dengan jeli, karena banyak berstempel SNI namun ternyata hanya stempelnya saja.


Pertama ketika anda akan memasang instalasi listrik. Pastikan kabel yang digunakan haruslah berkualitas karena ini dasar dari keselamatan yang pertama. Kabel yang biasa digunakan untuk instalasi ialah kabel tunggal / bukan srabut dan isolasi pembungkus yang tebal. Jangan menggunakan kabel yang 2way satu isolasi, karena kemungkinan terjadi hubung pendek akan terbuka lebar. Kedua pembungkus kabel yang berhimpit secara penuh akan menghasilkan hambatan sekitar Mega ohm. Untuk itu, sebegai instalasi dasar haruskah menggunaka jenis kabel tunggal. Dalam aplikasinya dalam instalasi utama biasanya menggunakan paralon untuk melindungi kabel tunggal yang di dobel 2. Tujuan dari menggunakanr paralon ialah untuk melindungi kabel dan menghindari kabel dari hewan pengerat.

Setelah kabel yang anda gunakan sudah dipastikan aman, yang tak kalah penting Gunakan peralatan instalasi yang berkualitas seperti saklar, stopkontak, piringan, MCB, FUSE. Peralatan yang berkualitas ialah perlatan komponen yang digunakan biasanya menggunakan kuningan dan dudukan menggunakan plastik atom. Tujuan dari penggunaan Kuningan pada stopkontak ialah agar tidak panas saat digunakan. Kebanyakan yang menggunakan bahan besi biasa, akan berdampak mudah lonyot pada bagian atom karena loncatan bunga api saat stopkontak maupun saklar digunakan. Hal ini disebabkan karena besi tidak kuat menahan arus. Meskipun bahan terbuat dari Kuningan pun juga akan terjadi loncatan api jika kedua sambungan tidak erat. Dan inilah yang umum terjadi, namun dispelekan padahal ini sangat berbahaya.

Hindari pemasangan stopkontak di bawah. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya bagi yang mempunyai anak kecil. Pemasangan stopkontak di bawah tujuanya sangat Bagus, yaitu untuk memudahkan pengguna an, namun demi keamanan usahakan pemasangan lebih tinggi atau bisa juga menggunakan stopkontak yang sudah ada pelindungnya.

Gunakan perangkat elektronik yang SNI. Misalnya TV, DVD, LAMPU, dan sejenisnya. Karena sangat fatal jika anda tidak mengindahkan produk SNI. Biasanya produk elektronik yang berkualitas memiliki fuse otomatis jika terjadi terjadi arus pendek/short. Jangan berfikir murah, namun berfikir keamanan ketika membeli produk elektronik.

Lakukan pengontrolan instalasi listrik rumah minimal satu tahun sekali untuk memastikan keadaan masih kaya beroprasi. Biasanya instalasi di plafon, maupun yang ditanam di tembok akan terjadi penurunan kualitas. Misalnya Isolasi kabel akan diganggu oleh hewan pengerat, sambungan ada yang kendor, dll. Intinya pengontrolan sangat penting juga, untuk memastikan keamanan saluran listrik rumah.

Hindari menumpuk streker lebih dari tiga perangkat. Dalam artian, ketika di rumah anda minim stopkontak maka tambahlah terminal tambahan dari terminal utama. Jangan menumpuk strekker yang menggunakan satu jalur dari terminal utama untuk banyak perangkat. Ini umum terlihat di masyarakat kita yang belum sadar atas kesalahan ini. Jika terpaksa begitu lebih baik penggunaanya bergantian, jangan semisal lima perangkat di aktifkan dalam satu stopkontak.

Matikan semua perangkat yang tidak terpakai , mencopot semua perangkat elektronik yang menempel di jalur instalasi. Jika anda bepergian lebih baik copot semunya.

Ini saya tulis bertujuan untuk mensosialisasikan keselamatan penggunaan listrik rumah, karena sebagian besar kebakaran rumah yang terjadi di sebabkan oleh hubung pendek arus listrik.
Mungkin masih banyak lagi mengenai pentingnya keamanan instalasi listrik namun berhubung saya sudah capek menulis, lain waktu akan saya lanjutkan. Thanks for you are!

No comments:
Write comments