08 April 2017

Receiver Matrix Tidak Tumbuh Signal

 

SOLDIRADEM BLOG - Beberapa minggu sepi servisan, hari ini saya mendapat servisan berupa parabola.  Keluhan pertama yang diadukan kerumah saya bahwa parabola tidak dapat menerima signal satupun. Tak lama kemudian saya langsung meluncur ke TKP di tetangga desa sebelah.
sesampai di TKP, saya langsung menuju ke receiver dan saya nyalakan.  Saya lihat ketika saya ke menu info bahwa intensitas signal 0% dan kualitas signal juga.  Kemudian saya coba cek konektor dari parabola.  Ternyata konektor basah kuyub terkena air dari kabel.  Entah dari mana datangnya air di dalam air tersebut.  Slidik-punya slidik ternyata kabel tersebut basah di sebabkan kebocoran pada konektor atas dari LNB yang merembes ke dalam kabel dan sampai ke receiver. Kabelpun saya kelupas untuk memberikan rembesan air yang ada di dalam kabel.

Bila sudah begini pasti ini receiver yang bermasalah . Receiver bermerek Matrix Inspiro, dengan box besar tapi masih mpg2.  Kemudian receiver saya buka dengan penuh harapan. Benar saja tidak muncul sinyal, ternyata setelah saya buka nampak di area mpg, konektor terlihat berkarat parah. Langsung deh saya bersihkan.  Mengejutkan,  ternyata jalur yang menuju rx ic ternyata putus tererosi oleh karat evek dari konektor.

Setelah saya sambung  saya coba konekan dengan parabola.  Hasilnya Bagus namun siaran horizontal tidak nampak signal.  Saya jadi teringat waktu itu pernah mengalami hal tersebut bahwa, saya harus memanaskan ic rc yang dekat dengan konektor yang karatan tadi. Kemudian saya coba lagi dengan hasil menggembirakan. Receiver kembali normal.

Selesai sudah permasalahan receiver parabola tidak tumbuh signal tersebut. Yang ternyata permasalahan terjadi pada receiver bermasalah erosi akibat kabel yang basah dan penanganan yang terlambat.

Perlu anda ingat bahwa jka anda mempunyai sebuah receiver parabola perlu dicek secara berkala saat musim hujan untuk memonitor apakah kabel yang anda miliki do resapi air hujan atau tidak. Jika terjadi peresapan air ke dalam kabel maka anda wajib mencari kebocoran tersebut cika ingin perangkat yang anda miliki selamat.

Demikian cerita hari ini semoga anda dapat mengambil hikmah dari kasus yang saya tangani di atas.  So salam jumpa lagi di kasus yang lainya. Go way!

No comments:
Write komentar