02 May 2017

Beginilah Cara Menaikan Tegangan DC 5v Ke 12v Dengan Mudah Dan Sederhana

 

Cara menaikan tegangan DC 5v ke 12v sebetulnya sangat mudah sekali jika anda memang terbiasa bermain dengan berbagai rangkaian elektronik. Biasanya penaik tegangan tersebut diperlukan dalam beberapa rangkaian saja. Contohnya adalah ketika anda memiliki catu daya 5V dan ingin menyalakan alat elektronik seperti radio misalnya, yang memiliki kebutuhan daya 12V, maka anda membutuhkan rangkaian penaik tegangan tersebut.

Selain itu juga, pada kebanyakan rangkaian dengan sistem tertanam, umumnya tegangan nominal yang digunakan adalah 5 volt. Rangkaian penaik tegangan disebut juga dengan rangkaian DC to DC converter. Rangkaian DC to DC converter tidak hanya dapat menaikan tegangan dari 5 volt ke 12 volt saja, akan tetapi dapat pula digunakan untuk menaikan tegangan dari 6 volt ke 12 volt, bahkan dari 5 volt ke 300 volt juga dapat dilakukan dengan rangkaian DC to DC converter tersebut. Namun tentunya, rangkaian-rangkaian DC to DC converter tersebut akan berbeda satu sama lain, tergantung seberapa besar tegangan yang akan dinaikan. Lantas bagaimana cara menaikan tegangan DC 5v ke 12v tersebut? berikut langkah-langkahnya.

Persiapkan Alat Dan Bahan

Cara menaikan tegangan DC 5v ke 12v yang pertama harus anda lakukan adalah membeli alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian DC to DC converter. Alat-alat dan bahan yang harus anda siapkan diantaranya adalah
1.      Solder
2.      Timah /Tinol
3.      Atraktor untuk menyedot tinol yang tidak dibutuhkan
4.      Papan PCB
5.      Bor listrik
6.      Pasta solder
  1. IC1: LM2577T-ADJ (National Semiconductor) or UC2577-ADJ (TI)
  2. L: 100µH (415-0930, 67127000, PE-92108, RL2444)
  3. D: 1N5821 (Schottky Barrier Rectifier diode)
  4. C1: 0.1µF (low ESR capacitor)
  5. C2: 0.33µF capacitor
  6. C3: 680µF/25V (low ESR electrolytic)
  7. R1: 17.4k 1% resistor
14.  R2: 2K 1% resistor

Membuat Rangkaian DC to DC Converter

Setelah anda menyiapkan berbagai macam bahan dan peralatan yang dibutuhkan seperti di atas tadi, maka cara menaikan tegangan dc 5v ke 12v selanjutnya adalah membuat skema rangkaian DC to DC converter. Anda dapat membuat gambar rangkaian dengan menggunakan software eagle ataupun software pembuat rangkaian elektronik lainnya. Rangkaian DC to DC converter yang harus anda buat adalah seperti gambar berikut.



Selain menggunakan software, anda pun dapat menggambarnya secara manual, hanya saja anda harus sangat hati-hati agar kaki-kaki rangkaian yang anda buat dapat pas dan sesuai dengan aslinya.  Jika sudah selesai membuat skema rangkaian, selanjutnya anda hanya perlu memasang komponen yang sudah disediakan tadi dan menyoldernya agar setiap komponen tersambuang satu sama lainnya.

Sekilas Tentang LM2577-12


Komponen yang paling penting atau yang paling berperan dalam menaikan tegangan DC 5V ke 12 V adalah LM2577-12. Komponen ini adalah sebuah sirkuit terpadu semikonduktor yang memiliki fungsi mengontrol dan menguatkan daya (step-up), flyback. Dan forward converter switching secara sederhana. IC satu ini merupakan transistor NPN 3A dengan proteksi sirkuit yang saling terkait satu sama lain dan juga memiliki pembatas arus dan panas atau termal. LM2577 memiliki banyak sekali varian dari mulai input 3.5-40v dan juga output dari 12v, 15v dan lain sebagianya sesuai dengan seri yang tertera.

Menggunakan Modul Penguat Tegangan


Cara untuk menaikan tegangan DC 5v ke 12v yang terakhir adalah anda dapat membeli modul penguat tegangan. Saat ini banyak sekali modul penguat tegangan DC dari 5v ke 12v yang dijual dipasaran sehingga anda tidak perlu repot membuat rangkaian sendiri.


Nah itula sekilas mengenai cara menaikan tegangan DC 5v ke 12 v. Semoga bermanfaat. 

No comments:
Write comments