07 May 2017

Cara Membuang Sisa Tegangan yang Masih Tersimpan di Mesin TV

 

Cara membuang sisa muatan tegangan tinggi - karena ada yang bertanya bagaimana cara aman membuang muatan tegangan tinggi yang masih tersimpan di dalam mesin TV, meski TV dalam keadaan mati. Saya harap postingan kali ini dapat menjawab pertanyaan tersebut, sehingga sobat yang bertanya memahami bagaimana caranya dan tidak khawatir / ragu lagi membuang muatan tegangan tinggi.

Perlu sobat ketahui bahwa komponen yang masih menyimpan tegangan meski TV sudah keadaan mati ialah ; elco 450 volt pada bagian regulator, elco 250 V pada bagian pemfilter tegangan 180V/tegangan RGB, B+115V penyuplay flybac, dan tabung anoda. Dengan begitu sobat sudah paham, mana yang biasanya masih menyimpan tegangan.
Berikut ini saya jelaskan bagaimana membuang muatan tegangan dengan aman. Ini yang biasanya saya lakukan ketika servis TV dan terbukti aman, sehingga sobat tak perlu ragu.

1). cara membuang muatan di elco 450V
Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa, elco 450V berada pada bagian regulator memfilter tegangan dari dioda bridge 220v, menyetabilkan tegangan sekitar 300VDC. Elco ini masih menyimpan tegangan jika regulator mengalami masalah, misalnya ketika transistor demper regulator mati. Jika regulator normal maka elco ini tidak menyimpan tegangan secara penuh, meski TV dalam keadaan mati. Jadi, elco ini bisa menjadi pertanda baik dan tidaknya rangkaian regulator/AC-Matic. Apabila sobat menemui TV mati total maka berhati-hatilah karena bisa jadi elco ini masih menyimpan tegangan 300V. Oleh karena itu cek dulu menggunakan Volt Meter DC untuk lebih amanya. Kemudian setelah dicek  jika masih ada muatan maka, buang dulu muatanya dengan cara menggunakan solder atau carger HP,. Mengshortkan dengan cara, menempelkan streker solder ke kaki elco antara + dan -tersebut. Diamkan streker menempel di kaki komponen sampai tegangan benar-benar habis. Jika sudah coba ukur lagi pastikan elco tidak ada muatan lagi.

2). Membuang muatan tegangan pada elco 180V
Cara yang digunakan sama namun posisinya yang berbeda yaitu terletak di blog RGB. Ketika sobat menemui TV mati, jangan menyentuh blog RGB yang terletak di ujung tabung, sebelum sobat memastikan tegangan apakah masih ada atau tidak. Daripada sobat ragu lebih baik cek dulu menggunaka VDC. Cara membuang muatan sama dengan elco 450V, yaitu dengan menggunakan carger hp atau solder dengan menempelkan streker ke kedua kaki elco (+) dan (-). Sampai benar-benar habis. Cara ini juga berlaku pada elco B+115 V.

3). Cara membuang muatan tegangan tinggi pada flyback
Dan yang ketiga, membuang muatan pada flyback dilakukan ketika ingin mencopot cop flyback. Jadi, jika tidak mencopot cop maka hal ini tidak perlu dilakukan. Namun jika sobat misal mengganti flyback maka terlebih dahulu membuang muatan yang masih tersimpan di cop flyback untuk menghindari kesetrum sisa muatan yang masih tersimpan. Perlu sobat tahu bahwa yang menyimpan tegangan adalah tabung bukan copnya.

Membuang muatan yang ada di dalam cop flyback berbeda dengan membuang muatan elco. Kali ini lebih extrim karena mengshortkan anoda dengan ground tabung secara langsung, sehingga akan ada sedikit ledakan di dalam cop flyback. Caranya:

•Siapkan kabel tester.
•Tempelkan jack kabel tester ke ground tabung.
•Masukan ujung probe kabel soldir ke dalam cop Jika masih ada muatan di dalam cop flyback, maka akan terjadi sedikit ledakan, namun apabila tidak ada, pastikan jack kabel tester menempel pada bagian ground tabung.  
•Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut. 

Jauhkan tangan sobat dari ground tabung maupun pada mesin ketika sedeng melakukan pembuangan tegangan flyback
!  

Untuk memastikan muatan apakah masih ada atau tidak gunakan tespen ketika akan mengangkat cop. Lakukan dengan hati-hati!

Semoga artikel ini dapat menjawab keraguan sobat semua terutama untuk pemula di bidang servis TV CRT. Demikian tulisan cara membuang muatan sisa tegangan tinggi, saya sampaikan. Terimakasih,

No comments:
Write comments