14 May 2017

Cara Menurunkan Tegangan Listrik Rumah Dengan Mudah dan Murah

 

Cara menurunkan tegangan listrik rumah sebetulnya sangatlah mudah. Anda dapat melakukannya sendiri ataupun meminta bantuan teknisi listrik baik yang bersifat perorangan ataupun dari PLN langsung.

Biasanya menurunkan tegangan listrik diperlukan ketika listrik yang digunakan di rumah dirasa terlalu besar. Tentunya kapasitas listrik yang besar berpengaruh juga pada pengeluaran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Berbeda dengan cara menaikan tegangan listrik yang lebih disebabkan oleh kualitas listrik yang rendah, sehingga listrik sering kali mengalami drop tegangan , menurunkan tegangan listrik adalah proses kebalikannya. Kualitas listrik yang rendah biasanya terjadi di daerah-daerah pedalaman, yang jauh dari sumber distribusi atau jauh dari gardu induk PLN. Kadangkala menurunkan tegangan listrik rumah juga diperlukan untuk memenuhi beberapa kebutuhan alat elektronik yang memang didesain dengan menggunakan tegangan rendah. Contohnya adalah untuk alat pemanas yang memiliki tegangan 110 VAC. Lantas bagaimana cara menurunkan tegangan listrik rumah?  Berikut beberapa ulasannya.

Menurunkan Tegangan Listrik Dengan Dioda

Cara menurunkan tegangan listrik rumah yang pertama adalah dengan menggunakan dioda. Hal ini sangatlah mudah dan murah untuk dilakukan. Komponen yang harus anda siapkan hanyalah 3 buah dioda silicon dengan arus 5 Ampere atau dioda dengan tipe 1N5401. Caranya adalah anda hanya cukup memasang ke tiga dioda tersebut secara seri pada salah satu kaki tegangan input alat elektronik yang tegangannya akan diturunkan. Hal yang harus menjadi catatan dalam menurunkan tegangan listrik rumah dengan dioda adalah cara ini hanya berlaku untuk menurunkan tegangan input yang masuk pada alat elektronik saja, bukan pada tegangan listrik rumah secara keseluruhan.



Sebagai contoh misalnya anda memiliki alat pemanas air elektronik dengan tegangan input 110 VAC sedangkan tegangan listrik di rumah anda adalah 220 VAC, maka agar alat pemanas air tersebut dapat berfungsi dengan baik anda harus menurunkan tegangan 220 menjadi 110 VAC. Caranya seperti yang dijelaskan di atas tadi yaitu memasang 3 buah dioda secara seri di kaki input alat pemanas tersebut.

Menurunkan Tegangan Listrik Dengan Trafo

Cara menurunkan tegangan listrik rumah yang ke dua adalah dengan menggunakan trafo. Alat dan bahan yang harus anda siapkan adalah
1.      Satu buah trafo tipe biasa ( pilih trafo 1 ampere atau 2 ampere saja )
2.      Empat buah dioda dengan kapasitas ampere disesuaikan dengan trafo
3.      Satu buah kapasitor ( Elco 2200 µF, 25 Volt )

Selanjutnya hal pertama yang harus anda lakukan adalah merangkai dioda seperti gambar berikut ini.
Fungsi dioda ini adalah untuk membuat kutub listrik. Bagian yang diberi lingkaran merah adalah bagian kutub positif, sedangkan bagian berwarna biru adalah untuk kutub negatif. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah merangkai dioda, elco dan trafo seperti gambar berikut.



Untuk bagian output trafo sendiri, anda dapat memilih sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan. Walaupun sebenarnya trafo step-down sudah memiliki tegangan yang lebih rendah dari tegangan input, akan tetapi belum memiliki kutub positif dan kutub negatif, maka dari itulah dibutuhkan dioda untuk memberikan kutub positif dan negatifnya. Satu buah rangkaian ini dapat digunakan untuk beberapa alat elektronik sekaligus, sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi menurunkan tegangan input untuk setiap alat elektronik yang menggunakan tegangan 110 VAC.

Nah itulah cara menurunkan tegangan listrik rumah dengan sederhana dan mudah. Sebetulnya masih banyak cara lainnya untuk menurunkan tegangan listrik 220 VAC menjadi 110 VAC di rumah. Saat ini juga dipasaran telah tersedia banyak alat yang mampu menurunkan tegangan listrik rumah, anda tinggal membeli dan memilihnya saja sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.


No comments:
Write comments