26 May 2017

Penyebab Tegangan Listrik Naik Turun dan Cara Mengatasinya

 


Tegangan listrik naik turun tidak stabil, hal tersebut tentu pernah anda alami sebelumnya. Tegangan listrik yang tidak stabil tentu tidak hanya akan mengganggu jalannya arus listrik namun juga memiliki resiko merusak alat- alat elektronik yang anda gunakan di rumah. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak yang mengeluh ketika tegangan listrik di rumah mereka acap kali tidak stabil. Nah, bagi anda yang hendak ingin menstabilkan tegangan listrik, ketahui penyebab tegangan listrik naik turun dan cara mengatasinya.

Penyebab Tegangan Listrik Naik Turun


Penyebab  tegangan listrik naik turun bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mungkin karena jaringan listrik di rumah anda yang tidak standar, bisa jadi kabel yang digunakan tidak sesuai dengan standar yang PLN rekomendasikan atau mungkin bisa juga disebabkan karena trafo mengalami penurunan tegangan langsung dari PLN yang tidak stabil.  Meski demikian, faktor paling umum yang acap kali terjadi adalah terjadinya kelebihan beban yang memungkinkan terjadinya listrik hidup mati di beberapa area berbeda di satu wilayah.  Hal tersebut sering dirasakan di negra Indonesia yang umumnya merupakan Negara berkembang dengan pasokan listrik yang tidak stabil dan tidak merata sehingga naik turunnya tegangan listrik sejatinya merupakan sebuah hal yang sudah sering terjadi dan sudah sering dianggap wajar.

Cara Mengatasi Tegangan Listrik Naik Turun

Ada beberapa cara mengatasi tegangan listrik naik turun yang dapat pemilik rumah lakukan. Beberapa diantaranya bisa menggunakan alat- alat elektronik tertentu yang berfungsi untuk menstabilkan aliran listrik yang ada di rumah anda.

1.       Menggunakan Stabilizer Listrik


Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba menggunakan alat penyeimbang tegangan listrik atau yang biasa disebut dengan stabilizer listrik. Dengan menggunakan stabilizer listrik, diharapkan perangkat elektronik seperti mesin cuci, tv serta laptop diharapkan akan lebih awet dan terhindar dari resiko rusak dan mati akibat tegangan listrik yang naik turun.

2.       Menggunakan  UPS

Anda pasti sering mengalami listrik rumah atau memang listrik dari PLN yang sering hidup mati. Hal tersebut akan memicu tegangan listrik yang kurang stabil, oleh sebab itu alangkah baiknya anda dapat menggunakan sebuah alat yang disebut dengan UPS. UPS adalah kepanjangan dari Uninterruptible Power Supply.


Fungsi UPS adalah sebagai pengganti energy listrik sementara ketika listrik rumah hidup padam, hidup padam tidak stabil. UPS juga sering digunakan di perusahan- perusahaan atau kantor- kantor besar yang bertujuan sebagai tenaga sementara sebelum mulai mematikan server utama sehingga server tidak down dan data tersimpan dengan aman / tidak bocor.  Anda juga bisa menggunakan UPS sebagai cadangan tenaga listrik sambil menunggu anda menyalakan genset rumah anda.

No comments:
Write comments