22 May 2017

Skema Rangkaian Inverter 5000 watt dengan Gambar

 

Skema inverter 5000 watt- Dalam ilu elektronika dan aplikasiannya, terdapat beragam jenis watt inverter. Mulai dari inverter yang memiliki watt kecil, mulai dari 100 watt, 300 watt, hingga inverter yang memiliki watt yang lumayan besar dan dapat memberikan daya pada barang-barang elektronik yang besar seperti kipas angin, televisi, hingga mesin cuci. Inverter dengan watt besar ini rata-rata berkisar antara 2000 watt, 3000 watt hingga inverter yang dapat menyediakan daya sebesar 5000 watt.

Fungsi Inverter 5000 watt

membuat skema inverter 5000 watt

Inverter memiliki fungsi sebagai alat yang dapat merubah, mengganti atau mengkonversi daya dari tegangan yang rendah yang menggunakan arus tegangan searah atau Direct Current (DC) menjadi tegangan yang lebih tinggi dengan arus tegangan bolak-balik atau disebut juga Alternating Current (AC). Karena skema inverter biasa digunakan untuk merubah tegangan yang kecil menjadi tegangan listrik yang lebih tinggi. Tegangan yang dirubah umumnya sebesar 12 volt menjadi tegangan yang lebih besar yaitu 220 volt. Hal ini kemungkinan disebabkan karena umumnya aki atau baterai yang tersedia memiliki tegangan sebesar 12 volt. Rangkaian inverter termasuk ke dalam jenis perangkat listrik yang memiliki harga yang cukup mahal, apalagi rangkaian inverter yang memiliki daya sebesar 5000 watt. Rentang harga untuk inverter ini mulai dari 200 dollar atau setara dengan Rp.2.668.497 hingga 750 dollar atau setara dengan Rp.10.005.622,-.

Untuk itu walaupun alat ini sangat bermanfaat dalam kehidupan, namun tidak banyak orang yang memilikinya, maka akan sangat menguntungkan untuk dapat menghemat budget dan pengeluaran jika seseorang dapat menciptakan sebuah inverternya sendiri. Kali ini kita akan bahas tentang skema inverter 5000 watt yang mana skema inverter ini sangat bermanfaat untuk menambah pasokan listrik cadangan bagi rumah yang tentu saja dapat digunakan ketika dalam keadaan mati lampu.

Penggunaan Skema PWM


Pada skema inverter kali ini menggunakan Pulse Width Modulator atau biasa disingkat dengan PWM. PWM sendiri adalah sebuah teknik modulasi yang digunakan dengan mengubah duty cycle atau lebar pulsa dengan nilai frekuensi dan amplitudo yang tetap. Tipe PWM yang digunakan untuk menciptakan skema inverter 5000 watt ini menggunakan PWM dengan tipe SG3524, sedangkan IC yang digunakan pada skema inverter ini berfungsi sebagai osilator 50Hz, yang berfungsi sebagai pengukur tegangan output agar dapat mengeluarkan output seperti yang diinginkan. Input daya yang dimiliki oleh inverter tersebut mulai dari 250 watt hingga 5000 watt output. Pada trafo yang digunakan dalam skema inverter ini adalah travo yang memiliki tipe CT.

membuat skema inverter 5000 watt


Dalam membuat skema inverter 5000 watt initentunya dibutuhkan kesabaran, ketekunan juga ketelitian yang tinggi. Karena jika salah dalam penempatannya ataupun letaknya, maka inverter tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Dalam merakit skema inverter ini sangat disarankan untuk menggunakan pelindung badan. Seperti sarung tangan pelindung untuk melindungi tubuh terutama bagian tangan yang bersentuhan secara langsung dari sengatan listrik. Menggunakan baju juga celana panjang juga disarankan agar kulit tidak bersentuhan langsung dengan peralatan listrik tersebut. Pastikan bahwa anda adalah seorang yang benar benar mengerti dalam merangkai inverter. Tidak disarankan untuk mencoba-coba jika anda belum memiliki ilmu dasar dan mengerti tentang inverter dan seluk beluknya secara jelas. Selamat mencoba! 

No comments:
Write comments