27 June 2017

4 Cara Membuat Rangkaian Regulator Power Supply Tanpa Trafo

 


Cara membuat rangkaian regulator power supply tanpa trafo – Untuk bisa menyelesaikan setiap project elektronika membutuhkan regulator atau power supply agar rangkaian bisa menyala. Untuk cara yang lebih sederhana bisa menggunakan tanpa transformer atau trafo, dan membuat harga regulator lebih ekonomis. Jika membeli di toko elektronika dengan rangkaian yang sudah jadi harganya akan menjadi mahal dan tidak ramah di budget. Power supply yang sering dibuat tanpa trafo adalah 5 Volt. Berikut ini adalah cara membuat rangkaian regulator power supply tanpa trafo yang bisa Anda aplikasikan di rumah:

Menyiapkan Komponen



Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan komponennya terlebih dahulu jangan sampai ada yang tercecer sebab komponen yang tidak lengkap akan membuat rangkaian menjadi tidak sempurna. Komponennya adalah kapasitor mika C1: 105 K/250V, elektrolit C2: 220mF/25V dan C3: 1000mF/10V. Resistor 1M Ohm, R2: 10 Ohm, R3: 100 Ohm dan R4:150 Ohm, empat buah dioda 1N4007, dioda zener 5 Volt, LED Merah.

Menyiapkan Alat


Selain menyiapkan komponen, Anda juga harus menyiapkan alat yang bisa membantu Anda menyusun rangkaian. Alat yang dibutuhkan adalah solder, timah, alat untuk memotong kawat, pengupas kawat kabel, penyedot timah, dan yang terakhir adalah lem bakar. Lem bakar ini berguna untuk menahan komponen agar lebih kokoh dan kuat.

Menyusun Rangkaian


Langkah selanjutnya membuat skema rangkaian. Jangan sampai salah dalam membuat skema rangkaian ini sebab skema yang salah akan menyebabkan pemasangan komponen yang salah. Setelah menyusun skema rangkaian, susunlah komponen-komponennya dengan benar. Peletakan komponen yang salah akan sangat fatal sebab bisa langsung menginputkan tegangan dari sumber listrik PLN yang memiliki tegangan yang tinggi.

Untuk tata letaknya bisa disesuaikan dengan selera Anda, namun harus tetap mengacu pada skema rangkaian  regulator  yang sudah dibuat diatas. Pasang secara teliti dan cek apakah ada korsleting arus pada rangkaian tersebut atau tidak.

Mengukur Tegangan

Cara membuat rangkaian regulator power supply tanpa trafo selanjutnya adalah mengukur tegangan yang dikeluarkan. Besarnya tegangan output yang akan dikeluarkan ini nantinya berdasarkan dengan dioda zener yang Anda gunakan. Jika Anda menginginkan tegangan output sebesar 12 Volt, Anda bisa menggunakan dioda zenner 12 Volt. Karena saat ini menggunakan dioda zenner 5 Volt maka tegangan yang aka dikeluarkan sebesar 5 Volt saja. Untuk mengukurnya Anda bisa menggunakan multimeter. Jika nilai pada multimeter menunjukkan angka atau tegangan yang sesuai maka rangkaian Anda telah benar dan semua komponen berfungsi dengan baik.



Pengukuran ini bisa dilakukan dengan menggunakan bagian kutub outputnya. Untuk arus yang mengalir disesuaikan dengan kapasitor mika yang terpasang pada input rangkaian. Catatan penting ketika akan menyiapkan komponen adalah menimbang besarnya nilai kapasitor sesuai dengan nilai dari komponen lainnya atau tidak. Sebab semakin besar nilai dari kapasitor mika tersebut bisa menghasilkan arus yang lebih besar pula sehingga daya pun menjadi lebih besar. Komponen dengan nilai kecil tidak bisa untuk menahan arus dan daya yang besar tersebut sehingga Anda membutuhkan komponen yang memiliki daya tahan yang besar pula.


Kini Anda bisa membuat regulator urah meriah sendiri. Dibandingkan membelinya di toko elektronika yang menguras kantong, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Meski murah meriah regulator ini sangat bermanfaat sebab bisa bertahan maksimal sampai dengan 60 hari lamanya jika dihubungkan ke arus listrik secara terus menerus. Untuk bisa membuat regulator bertahan lebih lama Anda harus menggunakan semua komponen yang baru. Nantinya regulator ini cocok sebagai driver untuk lampu hias, lampu tidur dan lain sebagainya. Semoga cara membuat rangkaian regulator power supply tanpa trafo yang telah dijelaskan diatas bermanfaat untuk Anda.

No comments:
Write comments