26 June 2017

Cara Membuat Speaker Sederhana Dengan Mudah di Rumah

 

Cara Membuat Speaker Sederhana—Speaker sederhana memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal audio, baik itu berasal dari laptop, mp3 player ataupun dari ponsel pintar yang keseluruhannya memiliki daya output rendah. Meski demikian, speaker aktif sederhana dengan daya rendah ini memiliki sinyal yang cukup kuat dan keras dengan kualitasnya pun cukup baik.



Cara membuat speaker sederhanasangatlah mudah, hanya cukup dengan menggunakan port USB 5 volt DC sebagai satu-satunya sumber tegangan. Penggunaan port USB ini dipilih karena akan membuat mobilitas dari speaker sederhana lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan baterai 6 volt ataupun 9 volt. Walaupun sebetulnya penggunaan baterai sangat memungkinkan, namun nantinya jika menggunakan baterai maka akan sangat boros karena baterai tidak akan bertahan lama. Terlebih lagi jika amplifier dipaksa untuk bekerja maksimal.

Oleh sebab itu, port USB dipilih karena lebih praktis, cukup dicolokan pada laptop ataupun charger smartphone. Nah, lantas bagaimana cara membuat speaker sederhana tersebut? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buat Skema Rangkaian Speaker Sederhana

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat speaker sederhana adalah membuat skema rangkaiannya terlebih dahulu. Anda bisa membuat skema rangkaian ini dengan menggunakan software khusus unutk membuat rangkaian elektronik ataupun dengan menggambarnya secara manual seperti berikut ini:


Nah, dari rangkaian di atas, jelas terlihat bahwa rangkaian speaker sangatlah sederhana, sehingga sangat mudah untuk dibuat. R1 dan GND merupakan input dari sumber tegangan yang nantinya akan dihubungkan dengan  port USB. Pertemuan R2 dan juga GND merupakan input dari sinyal audio yang akan dikuatkan.

Potensiometer sendiri memiliki fungsi untuk mengatur gain volume sehingga nantinya, besar dan kecilnya suara yang keluar dari speaker bisa diatur sesuai dengan yang diingikan. Fungsi kapasitor sendiri untuk menstabilkan tegangan DC dan juga membuang arus liar yang ada pada IC LM386. Maka dari itu pemasangan kapasitor haruslah sedekat mungkin dengan kaki IC.

Daftar Komponen Speaker Sederhana

Setelah membuat rangkaian speaker seperti yang telah dijelaskan tadi di atas, selanjutnya anda harus menyiapkan  komponen yang akan digunakan untuk membuat speaker tersebut. Adapun komponen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:
1.      Jack audio 3,5 mm
2.      IC LM386
3.      Speaker 8 ohm 1 watt
4.      Resistor 10 ohm
5.      Kapasitor 220 uF 2 buah
6.      Potensiometer 10 ohm
7.      PCB titik ( PCB matrik )
8.      Socket IC 8 pin.
9.      Port USB

Cara Membuat Speaker Sederhana

Jika semuanya telah dipersiapkan, maka anda hanya perlu meraktinya saja sehingga menjadi sebuah speaker. Yang pertama harus dilakukan adalah merakit semua komponen elektronik yang sudah dipersiapkan tersebut menjadi satu dalam sebuah papan PCB sesuai dengan gambar rangkaian tadi.



Setelah dirangkai sesuai dengan gambar rangkaian yang telah dibuat sebelumnya, selanjutnya adalah menyambungkan kabel port USB dan juga rangkaian. Hal yang harus diperhatikan adalah pada kabel dengan port USB terdapat 4 kabel. Kabel tersebut berwarna merah, hijau, putih dan juga hitam. Kabel yang akan digunakan hanya kabel berwarna merah dan juga hitam saja, di mana merah adalah kabel Vcc +5 dan hitam adalah kabel Ground. Sambungkan kabel merah pada resistor dan kabel hitam pada ground.

Untuk bagian input sinyal audio sendiri, menggunakan jack audio 3.5mm,  yang harus diperhatikan adalah di dalam kabel jack audio terdapat 4 jalur kabel. Jalur ground harus disatukan sehingga akan menjadi 3 kabel jalur saja yaitu kanal kanan, kiri dan juga ground.

Nah itulah cara membuat speaker sederhana, jika semuanya telah terpasang dengan baik dan sesuai dengan rangkaian yang dibuat, maka anda sudah bisa menggunakan speaker sederhana ini.





No comments:
Write comments