07 July 2017

3 Cara Merakit Speaker Aktif Dengan Mudah dan Murah

 

Merakit speaker aktifsebetulnya sangatlah mudah. Selain itu biayanya pun dapat anda tekan sendiri sehingga dapat lebih murah jika dibandingkan dengan membeli speaker aktif yang sudah jadi. Kenapa bisa menjadi lebih murah? Karena anda dapat memodifikasi sendiri dengan menghilangkan beberapa fungsi yang menurut anda tidak dibutuhkan.

Contohnya adalah, jika speaker aktif yang beredar dipasaran rata-rata adalah speaker aktif stereo, maka anda dapat membuatnya dengan model mono. Anda pun dapat memasang speaker dengan harga yang lebih murah, atau bahkan anda dapat menggunakan speaker lama yang sudah tidak digunakan.

Alat dan Bahan yang Harus Disiapkan


Untuk merakit speaker aktifanda harus mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Adapun alat dan bahan-bahan yang harus dipersiapkan diantaranya adalah:
1.      Trafo 5 Ampere
2.      Kit power amplifier stereo untuk speaker aktif.
3.      Elco 6800 uF/50 volt.
4.      Kiprok/dioda brigde.
5.      Kabel skerm.
6.      Kabel serabut tunggal.
7.      Kabel steker
8.      Saklar on/off
9.      Sekring
10.  Audio input dan outpu panel
11.  Box speaker
12.  Baut
13.  Obeng
14.  Avometer/Multi tester
15.  Tang potong
16.  Palu
17.  Solder
18.  Timah solder
19.  Lem tembak/lem bakar
20.  Pinset
21.  Bor
22.  Gunting
23.  Dan peralatan lainnya sesuai dengan kebutuhan

Cara Merakit Speaker Aktif


Setelah alat dan bahan-bahan tadi tersedia, maka anda sudah bisa merakit speaker aktifsendiri. Caranya adalah

1.      Buat power supply
Hal pertama yang harus dilakukan dalam merakit speaker aktif adalah membuat power supply terlebih dahulu. Power supply menjadi sangat vital karena menjadi sumber tegangan utama untuk speaker aktif. Caranya adalah sambungkan bagian output 0-12 volt pada trafo dengan kaki kiprok/dioda brige yang memiliki lambang tegangan AC ( ~ ). Serta sambungkan bagian kaki ( + ) pada kiprok dengan kaki ( + ) pada elco dan kaki ( - ) kiprok dengan kaki ( - ) pada elco. Agar lebih mudah, sebetulnya anda dapat membuat power supply dengan menyambungkan trafo dengan kit power supply yang banyak dijual dipasaran.

2.      Pasang kit speaker
Setelah power supply dibuat, selanjutnya sambungkan dengan kit power amplifier. Caranya adalah sambungkan bagian kaki ( + ) pada elco dengan bagian input ( VCC ) pada kit power amplifier dan kaki ( - ) pada bagian ground power amplifier. Polaritas ini jangan sampai terbalik, karena jika sampai terbalik, maka power amplifier akan terbakar. Setelah terpasang, selanjutnya anda hanya perlu memasang dan menyambungkan speaker dengan bagian output amplifier. Jangan lupa sambungkan pula bagian input amplifier dengan kabel jack 3.5 sebagai input suara dari PC/Laptop ataupun dari smartphone.

3.      Pasang speaker
Jika semuanya telah terpasang dengan sempurna, maka anda tinggal mengetesnya saja.  Jika ternyata speaker tidak berfungsi dengan baik, maka cek tegangan masukan dengan menggunakan avometer, apakah telah sesuai atau belum cek juga rangkaian tadi jikalau ada rangakaian/kabel yang putus. Selain itu cek juga cara pemasangan rangkaian apakah sudah benar atau kah belum.

Jika semuanya telah berfungsi dengan baik, selanjutnya agar lebih rapi, anda pasang speaker aktif tersebut pada box speaker aktif. Lakukanlah dengan hati-hati ketika memasang skrup pada bagian pinggiran speaker, jangan sampai meleset dan menjebol daun speaker.

Nah, itulah tiga langkah mudah dalam merakit speaker aktif. Selamat mencoba.



No comments:
Write comments