13 July 2017

3 Cara Pasang Speaker Mobil Dengan Mudah Untuk Pemula

 

Cara pasang speaker mobilsebetulnya sangatlah mudah. Hal yang paling penting adalah anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai sistem kelistrikan mobil tersebut. Alasannya adalah karena perangkat speaker memang membutuhkan aliran listrik untuk dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Jika anda tidak faham mengenai sistem kelistrikan pada mobil anda, maka anda akan merasa kesulitan dalam memasang speaker. Selain itu bisa saja speaker anda tidak akan berfungsi atau malah mobil anda menjadi bermasalah atau mogok.

Jika anda telah mengetahui dengan pasti mengenai sistem kelistrikan pada mobil anda, maka anda dapat memasang speaker baru sendiri pada mobil anda. Adapun cara pasang speaker mobiladalah sebagai berikut:

Lepaskan Speaker Lama


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melepaskan perangkat yang lama. Ketika melepas perangkat yang lama, jangan lupa pasang rem tangan dan lepaskan kutub negatif dari aki mobil agar tidak terjadi konsleting saat melakukan installasi.

Anda dapat memulai membuka sekrup pengaman trim terlebih dahulu sebelum mencungkilnya untuk melepaskan perangkat head unit. Ketika melepaskannya jangan lupa untuk mendokumentasikan kabel yang terpasang agar ketika memasang perangkat baru tidak salah memasangkan kabel.
Setelah itu anda bisa memulai melepaskan speaker dan juga amplifier yang terpasang sebelumnya. Jangan lupa pula untuk mendokumentasikan kabel-kabel yang terpasang sebelumnya agar tidak salah dalam pemasangan kabel berikutnya.

Pasang Perangkat Baru

Setelah semua perangkat lama dilepaskan, kini anda sudah dapat memasang perangkat baru. Cara pasang speaker mobiladalah sebagai berikut:

1.      Pasang amplifier


Pertama adalah pasang amplifier terlebih dahulu. Biasanya amplifier diletakan di bawah kursi kemudi karena letaknya lebih lapang, selain itu juga dapat menghemat pemakaian kabel.
Cara pasanganya adalah pertama hubungkan kabel plus aki pada amplifier dan kabel ground pada chasis yang sudah diamplas terlebih dahulu agar tidak berkarat. Selanjutnya hubungkan remote audio kabel head unit dengan amplifier. Hubungkan pula kabel RCA pre out audio dari head unit ke amplifier dan usahakan kabel RCA tidak berdekatan dengan kabel positif karena akan mengakibatkan storing.

2.      Pasang speaker
Jika menggunakan speaker split, pertama tentukan terlebih dahulu letak crossover. Biasanya lokasi crossover berada di bawah jok mobil sehingga memudahkan pemasangan kabel speaker. Setelah itu hubungkan crossover dengan kabel midrange tweeter dan kabel input dihubungkan dengan amplifier. Hubungkan kabel speaker tadi dengan amplifier melalui terminal front amplifier.


Jika anda menggunakan subwofer, hubungkan kabel subwoofer dengan amplifier melalui terminal rear amplifier. Sebaiknya letakan box subwoofer pada bagasi mobil agar menciptakan nada rendah yang berada di depan pendengar. Apabila menggunakan aktive slim subwoofer, maka sebaiknya subwoofer diletakan di kolong jok pengemudi.
Setelah itu agar kabel terlihat rapi, maka sebaiknya diletakan di bawah karpet mobil dan menggunakan insulox. 

3.      Pasang head unit

Terakhir adalah pemasangan head unit. Untuk pemasangan kabelnya anda dapat mengikuti pemasangan kabel sebelumnya yang sudah anda dokumentasikan. Jikapun tidak, maka cukup hubungkan kabel front speaker warna putih serta strip putih pada crossover pasif. Selanjutnya hubungkan kabel kuning pada aki mobil dan kabel merah pada acc. Kabel biru sendiri dihubungkan dengan remote amplifier sedangkan kabel hitam dengan kutub negatif.


Jangan lupa untuk menjalankan kabel RCA front dan rear pada head unit serta hubungkan dengan amplifier. Tata kabel serapi mungkin dan gunakan insulox. Setelah semuanya terpasang, letakan kembali head unit pada tempatnya dan pasangkan seperti sedia kala.

Memasang speaker mobil memang cukup mudah, bahkan hanya diperlukan tiga langkah saja untuk mengganti speaker lama dengan yang baru.  Dengan mengetahui cara pasang speaker mobil tentunya anda tidak perlu repot datang ke bengkel audio dan juga tidak perlu mengeluarkan kocek lebih besar.




No comments:
Write comments