18 July 2017

4 Cara Memasang Power Amplifier Dengan Mudah di Rumah

 

Cara memasang poweramplifier pada mobil sebetulnya sangatlah mudah.  Namun hal pertama yang harus anda pahami adalah anda harus terlebih dahulu paham mengenai sistem kelistrikan mobil yang anda gunakan. Hal ini penting karena power amplifier menggunakan arus listrik yang cukup besar sebagai sumber tenaga utama.

Jika anda tidak memahami sistem kelistrikan pada mobil anda maka anda akan mengalami kesulitan dalam memasang power amplifier. Selain itu juga bisa-bisa amplifier yang anda pasang tidak akan berfungsi atau malah mobil anda menjadi mogok karena kesalahan dalam pemasangan yang mengakibatkan terganggunya sistem kelistrikan mobil. Lantas bagaimana cara memasang power berikut langkahnya.

Langkah Pertama Memasang Power Amplifier



Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus menentukan letak power amplifier tersebut terlebih dahulu. Jika anda berencana untuk memasang subwoofer juga, maka sebaiknya letakan amplifier sedekat mungkin dengan subwoofer, namun apabila anda hanya akan menggunakan speaker saja, maka sebaiknya letakan amplifier di bawah kursi penumpang depan atau di bawah kursi kemudi agar lebih dekat dengan sumber tegangan yaitu accu mobil.

Langkah Ke Dua Memasang Power Amplifier


Langkah ke dua adalah anda harus menyiapkan beberapa kabel dengan warna yang berbeda untuk memudahkan penyambungan amplifier dengan perangkat lainnya. Adapun kabel yang harus disediakan adalah:
1.      Kabel merah untuk power ( + ) dengan ukuran yang disesuaikan dengan spesifikasi amplifier yang digunakan. Umumnya ukuran kabel yang digunakan menggunakan satuan AWG dengan semakin tinggi nilai AWG maka semakin besar diameter dari kabel yang digunakan.
2.      Kabel berwarna putih untuk ground ( - ) dengan ukuran yang disesuaikan berdasarkan spesifikasi amplifier yang digunakan.
3.      Kabel remote yang digunakan untuk menghubungkan channel pada amplifier. Jika menggunakan 2 channel maka gunakan 2 kabel yang berbeda, jika menggunakan 4 channel maka gunakan 4 kabel berbeda dan seterusnya.
4.      Kabel speaker dan juga subwoofer berwarna merah untuk  ( + ) dan hitam untuk ( - )
5.      Terminal kabel berbentuk garpu dan juga jangan lupa memasang fuse sebagai pengaman.

Langkah Ke Tiga Memasang Power Amplifier

Langkah ke tiga yaitu anda harus menyiapkan beberapa perkakas pendukung seperti obeng plus dan minus, tang potong, gunting atau cuter, isolasi dan juga solder berikut timahnya jika diperlukan.

Langkah ke Empat Memasang Power Amplifier

Langkah terakhir ini, anda hanya perlu merangkai semuanya sehingga menjadi satu kesatuan. Cara memasang power amplifier adalah
1.      Lepaskan kabel ( - ) pada accu agar tidak terjadi konsleting.
2.      Pasangkan kabel merah pada bagian ( + ) Accu dan jangan lupa pasang fuse kemudian sambungkan pada amplifier ( + ) 12V.
3.      Pasang kabel ground pada bodi mobil dengan diamplas terlebih dahulu agar tidak berkarat.
4.      Lepas head unit dan pasang kabel RCA pada bagian belakang head unit dengan tepat antara speaker kanan dan kirinya.
5.      Pasang kabel speaker pada terminal ( + ) dan ( - ) amplifier.
6.      Pasang juga kabel subwoofer ( jika menggunakan subwoofer ) pada terminal ( + ) dan ( - ) pada rear output amplifier.
7.      Pasang kembali kabel ( - ) pada Accu dan set head unit pada volume low, selanjutnya tes kondisi suara dari masing-masing speaker dengan menaikan volume sedikit demi sedikit. Serta stel amplifier sesuai keinginan.
8.      Jika telah dirasa terdengar baik, selanjutnya rapikan seluruh pekerjaan tadi terutama letak kabel agar tidak berantakan.
Nah dengan mengetahui cara memasang power amplifier sendiri anda tidak perlu datang ke bengkel audio sehingga dapat lebih menghemat uang anda.



No comments:
Write comments