10 July 2017

4 Manfaat Relay Lampu Mobil Yang Harus Anda Ketahui

 

Relay lampu mobilmenjadi sebuah komponen yang sangat penting dalam sistem penerangan mobil. Tentunya untuk para penggemar otomotif, terlebih para modifikator komponen ini sudah menjadi barang yang tidak asing lagi.

Pengertian Relay Lampu Mobil


Apakah itu relay? Relay lampu adalah sebuah komponen elektronik yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya yaitu untuk memperbesar arus listrik yang mengalir dari saklar sebelum dialirkan pada komponen lainnya, termasuk pada lampu dan klakson. Sederhananya, relay ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik yang besar akan tetapi dengan sistem pengendalian arus yang kecil. Selain itu, relay juga dapat menjadi sebuah saklar otomatis jika ternyata arus yang dialirkan terlalu besar.

Fungsi Relay Lampu Mobil


Seperti yang sudah dijelaskan tadi, relay pada lampu mobil memiliki fungsi untuk mengalirkan arus utama langsung pada lampu tanpa melewati saklar lampu terlebih dahulu. Namun disamping itu, sebetulnya masih banyak fungsi lain dari relay untuk lampu mobil. 

Adapun fungsinya adalah:
1.    Relay dapat mempersingkat arus listrik yang masuk pada lampu tanpa melewati jalur yang panjang dari jalur kombinasi hingga menuju lampu. Belum lagi, soket yang terdapat pada lampu rawan mengalami korosi sehingga biasanya mengganggu aliran arus listrik.

2.      Relay akan melindungi saklar kombinasi dari panas serta mencegah saklar lampu agar tidak meleleh karena panas dari nyala lampu.

3.    Pemasangan relay dapat memangkas harga perawatan karena jika saklar lampu pada kemudi rusak akibat meleleh karena panas lampu utama, maka harga penggantiannya akan lebih mahal dibandingkan dengan mengganti relay.

4.      Penggunaan lampu berkapasitas besar seperti 130/100 watt dapat merusak saklar lampu karena panas dan arus yang besar. Penggunaan relay akan mengatasi hal tersebut karena relay lebih tahan terhadap panas.

Keuntungan Menggunakan Relay


Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari penggunaan relay lampu mobil ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Keuntungan pertama yang didapatkan dari penggunaan relay adalah saklar lampu pada mobil akan lebih awet dibandingkan dengan tanpa penggunaan relay. Hal ini dikarenakan arus yang mengalir melewati saklar lampu bukan lagi arus utama karena arus utama akan dialirkan langsung menuju relay tadi.
2.      Keuntungan yang ke dua adalah biaya perawatannya yang lebih murah. Tentu saja hal ini juga berkaitan dengan saklar lampu yang lebih awet sehingga tidak perlu sering-sering menggantinya.
3.      Keuntungan ke tiga adalah dengan menggunakan relay, nyala lampu akan lebih terang dibandingkan dengan tanpa penggunaan relay. Hal ini dikarenakan arus listrik yang mengalir menuju lampu akan lebih cepat dan lebih besar dibandingakan dengan tidak menggunakan relay.
4.      Terakhir adalah lampu mobil akan lebih awet dan tidak mudah putus. Hal ini karena relay lampu mobil akan membuat arus yang mengalir menuju lampu lebih stabil, sehingga lampu tidak mudah putus.

Harga Relay Lampu Mobil


Untuk harga relay sendiri tentunya bervariasi mulai dari 25 ribu perbuah hingga ratusan ribu rupiah. Tentunya semua itu tergantung merek dan spesifikasi yang digunakan. Namun, normalnya memang relay yang ditemui di toko-toko sparepart mobil dengan jumlah kaki 4-5 NO/NC memiliki harga tidak lebih dari 100 ribu rupiah.

Cara Memasang Relay


Ada dua cara dalam memasang relay, yang pertama adalah dengan membeli satu set relay lampu yang telah terangkai lengkap dengan sekring dan juga soket lampunya. Sedangkan yang ke dua adalah dengan memasang relay tambahan sendiri. Tentunya cara pertama lebih simple karena hanya tinggal pasang saja, namun begitu harganya pun cukup mahal. Untuk satu setnya berkisar antara 100-300 ribu. Sedangkan cara ke dua tentu lebih repot karena anda harus teliti dalam pemasangannya. Jika salah maka lampu mobil anda tidak akan berfungsi kembali.

Nah itulah pembahasan mengenai relay lampu mobil dari mulai fungsi hingga cara pemasangannya. Semoga dapat membantu lampu mobil anda agar menyala lebih terang.


No comments:
Write comments