04 July 2017

Cara Membuat Amplifier Dengan Mudah Di Rumah

 

Cara membuat amplifiersebetulnya sangatlah mudah jika anda memang telah terbiasa berurusan dengan berbagai rangkain elektronik. Akan tetapi tentu saja akan lain ceritanya jika anda memang tidak terbiasa berurusan dengan rangkaian elektronik, atau anda sama sekali tidak memiliki dasar pengetahuan akan rangkaian listrik dan elektronik. Walau demikian, anda tidak perlu khawatir karena kini, seiring dengan perkembangan zaman, anda dapat mempelajari apa saja dan mencari informasi apa saja dengan bantuan internet, termasuk cara membuat amplifier.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Amplifier


Hal pertama yang harus anda lakukan ketika akan membuat amplifier adalah menyiapkan alat dan juga bahan yang akan digunakan. Adapun alat dan bahan yang harus anda persiapkan diantaranya adalah:

1.      Box




Box digunakan untuk menyimpan seluruh rangkaian amplifier agar terlihat rapi dan mudah untuk dipindahkan. Harga box sendiri sekitar Rp 10.000. Anda juga bisa memanfaatkan box bekas untuk lebih menghemat biaya.

2.      Power Amplifier Kit


Anda dapat membeli power amplifier kit di berbagai toko elektronik yang ada di kota anda. Di dalam cara membuat amplifier ini menggunakan power amplifier mini berkapasitas 100 watt yang berharga 10-15 ribu rupiah.

3.      Trafo/Transformator

Karena daya yang digunakan tidak terlalu besar, maka kapasitas trafo yang digunakan cukup trafo 1 Ampere saja. Fungsinya sendiri sebagai power suply.

4.      Kiprok/Diode Brigde

Diode brigde berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC karena power amplifier menggunakan tegangan DC sebagai tegangan inputnya.

5.      Capasitor Elektrolit/Elco

Elco sendiri berfungsi untuk menstabilkan tegangan DC yang akan masuk ke dalam power amplifier. Kapasitas elco yang digunakan adalah 4700uF/24V sebanyak 1 buah.

6.      Kabel dan jack Steker

Kabel tentu saja diperlukan untuk menghubungkan amplifier dengan sumber tegangan lisrtik.
7.      Jack 3.5
Jack ini fungsinya adalah untuk menghubungkan amplifier dengan sumber suara. Untuk komputer, laptop dan juga smartphone menggunakan jack berukuran 3.5.

8.      Speaker

Speaker yang digunakan berukuran 4 ataupun 6 inchi dengan harga sekitar 30 ribu rupiah.

9.      Potensiometer

Jika power amplifier yang anda beli belum dilengkapi dengan potensiometer, maka anda harus menambahkannya sendiri agar besar kecilnya suara yang dikeluarkan dapat diatur.

Cara Membuat Amplifier

Setelah mempersiapkan seluruh alat dan bahan, maka anda hanya perlu merakitnya menjadi satu kesatuan. Adapaun cara membuat amplifier adalah sebagai berikut:
1.      Sambungkan kabel dan juga jack steker dengan bagian input trafo 0-220 volt.
2.      Sambungkan bagian output trafo 0 dan 12 volt dengan dioda bridge atau kiprok pada kaki yang berlambang gelombang ( ~ ).

3.      Sambungkan kaki kiprok berlambang ( + ) dengan kaki elco berlambang ( + ) dan kaki kiprok berlambang ( - ) dengan kaki elco berlambang ( - ).
4.      Sambungkan juga kaki elco tadi dengan bagian input power amplifier kit bertuliskan VCC atau 0-12 volt ( kaki positif pada bagian positif dan kaki negatif pada bagian negatif power amplifier ).

5.      Pasangkan kabel jack audio pada potensiometer kemudian sambungkan pada bagian input amplifier.
6.      Sambungkan bagian output amplifier dengan speaker
7.      Susun seluruh rangkaian tadi dan letakan di dalam box.
8.      Cek rangkaian amplifier tersebut.

Nah, demikianlah cara membuat amplifier. Mudah bukan? Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Jika ditotalkan, seluruh biaya pembuatan amplifier tersebut tidaklah lebih dari 100 ribu rupiah.

No comments:
Write comments