27 July 2017

Cara Memperbaiki Receiver Parabola tidak ada Signal

 

Memperbaiki receiver tidak ada signal terbilang sangat mudah apabila kita tahu apa  penyebab kerusakanya. Oleh karena itu sebelum memastikan sebuah receiver rusak tidak ada signal ketahui dulu, receivernya atau parabolanya!  Dengan cara mencoba mengganti dengan receiver receiver lain. Apabila setelah diganti dengan receiver lain kok normal maka dipastikan receiver nya memang rusak bukan parabolanya.

Cara menangani ketika receiver tidak ada signal

Pertama coba otak-atik dulu programnya dengan cara menyetel ke standar pabrik. Setelah distel ke program standar pabrik coba scan ulang. Apabila di scan ada chanel yang nyantol berarti permasalahan slesai. Cara ini berlaku pada receiver yang masih ada kualitas signalnya. namun kadang berlaku juga pada receiver yang kulitas dan intensitasnya 0%.

Jika cara di atas tidak berhasil maka lanjut ke mesinya coba ukur output yang menuju lnb 13/18 v, jika tidak ada permasalahan terjadi ada tegangan penyuplay lnb, namun jika ada Kisaran di 13-17 volt dipastikan normal. Berarti lanjut ke komponen lainya yaitu ic receiver coba panaskan ic yang terletak di bagian dekat konektor output lnb dan componen pendukungnya menggunakan solder uap atau solder konvensional. Hal ini saya pernah mencoba yang ternyata berhasil. Namun tidak semua, kadang ic pemproses signal dari lnb ini sudah mati karena short disebabkan oleh kebocoran arus penyuplay lnb ke ic pemproses signal ini melalui capasitor input atau kotoran debu. Jika resoldering tidak berhasil, ganti receiver dengan yang baru, karena ic tersebut tidak ada di pasaran kecuali mengambil dari receiver lainya.

Memperbaiki receiver parabola tidak ada signal sebenarnya bisa asalkan komponen yang rusak ada gantinya. Smeoga sedikit membantu ya!  Trimakasih"

Lanjut baca: Beberapa penyebab parabola tidak ada signal

No comments:
Write comments