29 July 2017

Cara Menentukan Kerusakan Flyback

 

Cara menentukan kerusakan flyback - Sebelum memastikan flyback rusak biasanya ada tanda-tanda tertentu untuk bisa memastikal bahwa bagian flyback lah yang rusak. Namun karena harga flyback yang relatif mahal ataupun kadang kesulitan mendapatkan seri yang sama maka untuk menggantinya pun butuh pertimbangan dan pengukuran lebih intens.

Mengenali gejala-gejala kerusakan bagian blog flyback

Kerusakan yang paling menonjol yang di sebabkan oleh flyback rusak adalah shortnya demper horizontal. Namun kerusaka demper belum tentu disebabkan oleh sang flyback. Bisa jadi kerusakan demper disebabkan oleh yoke, capasitor.

Gejala b+ drop penyuplay flyback juga bisa menandakan bahwa sang flyback rusak. Dengan catatan demper horizontal sudah di copot. Namun belum tentu juga bisa jadi ini b+,nya yang memang drop. Oleh karena itu, ukurlah b+ secara tanpa beban dengan cara melepas pin kaki flyback yang berfungsi sebagai input B+.

Artikel terkait: Cara cepat mengetahui b+ drop

Resistor abl putus sampai gosong ini juga kadang menandakan bahwa terjadi arus besar yang mengalir pada resistor ini. Namun belum tentu juga karena terkadang malah disebabkan oleh shortnya ic croma.

TV mati total di iringi dengan suara di trafo switching ac matik. Ini hubunganya dengan b+ juga. Mengindikasikan bahwa ada kosleting pada beban yang di suplay. Untuk itu jika gejalanya demikian coba lepas beban ,pertama yang dari flyback. Baru kemudian beban yang lainya.

Bocornya kabel dan body flyback
Hal ini biasanya di tandai dengan adanya arus yang bocor dan sering menimbulkan suara pletak pletek, seperti petir. Jika sudah terjadi seperti itu maka langkah wajib yang harus di tempuh adalah mengganti flyback atau dengan menambalnya menggunakan lem. Suara pletak pletek kadang juga di sebabkan oleh penyuplay flyback meningkat drastis.

TV nampak gelap dan tidak fokus meski adjuster keduanya sudah diatur sedemikian. TV agak redup kadang disebabkan oleh elco b+ kering dan juga soket rgb yang berkarat. Juga kadang mengindikasikan bahwa flyback rusak.

Flyback setengah mati biasanya ditandai dengan gejala kadang tv redup secara tiba-tiba. Meski pada awalnya bekerja normal. Saya pernah mengalami hal ini yaitu terjadi pada tv polytron u slim. Tv awalnya normal namun beberapa saat tv bergejala tv redup dibagian bawah layar terpotong beberapa cm. Ternyata tv ini pada bagian vertikal disuplay dari flyback. Pantesan saja ada keciutan layar pada saat kambuh.

Artikel terkait: servis tv polytron kadang layar gelap

Diatas tersebut merupakan gejala yang ditimbulkan yang disebabkan oleh kerusakan flyback yang tentu cara nya tidak bisa secara pasti kita menentukan sebelum benar-benar komponen lainya terlebih dahulu. 

Gejala sama namun kadang penanganan sangat berbeda. Itulah elektronik servis.

Trimakasih.

No comments:
Write comments