24 July 2017

Fungsi Switch Lampu Mobil dan Cara Memperbaikinya

 

Switch lampu mobilmenjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam sistem kelistrikan, utamanya sistem penerangan mobil itu sendiri. Walaupun bentuknya tidak terlalu besar, namun switch ini memiliki peranan yang sangat penting, terutama ketika anda akan berkendara di malam hari. Karena jika switch lampu mobil bermasalah, maka lampu mobil juga akan bermasalah, atau bahkan tidak akan berfungsi sama sekali.

Nah, sebetulnya selain switch lampu, di dalam mobil terdapat switch-switch lainnya, adapun jenis-jenis switch tersebut diantaranya adalah seperti berikut ini.

Jenis-Jenis Switch di Dalam Mobil

Ada beberapa switch di dalam mobil yang juga memiliki peranan sangat penting seperti:
1.      Switch Rem berfungsi untuk menyalakan lampu rem ketika pedal rem diinjak.


2.      Switch Dinamo Starter terletak pada dinamo starter yang berfungsi untuk membantu starter untuk menghidupkan mobil
3.      Switch Kunci Kontak terletak pada ujung kunci untuk membantu mobil agar starter hidup.
4.      Switch Mundur berfungsi untuk menyalakan lampu mundur sewaktu memundurkan mobil.
5.      Switch Fan
6.      Switch AC
7.      Switch WTS berfungsi untuk menunjukan suhu dan temperatur mesin pada dashboard mobil.
8.      Switch Lampu untuk menyalakan lampu utama dan lampu kota.
9.      Switch Power Window untuk menaikan dan menurukan kaca mobil.
10.  Switch Power Steering
11.  Switch Pintu Mobil
12.  Switch Central Lock
13.  Switch Sein

Switch Lampu Mobil



Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, switch lampu mobil berfungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu mobil itu sendiri. Switch atau saklar ini biasa dioperasikan dengan cara menekan, melepas, menarik ataupun memutarnya sehingga kontak bergerak dan berpindah dari terminal satu ke terminal lainnya. Akibatnya adalah lampu mobil menyala, baik itu lampu kota, lamu jauh, lampu dekat ataupun hanya dim saja.

Khusus saklar lampu, sebenarnya dibagi menjadi dua jenis lagi yaitu saklar pembagi atau dimmer switch yang memiliki fungsi untuk menyalakan lampu jarak dekat dan jarak jauh serta saklar utama yang memiliki fungsi untuk memudahkan pengemudi dalam menyalakan lampu baik itu lampu jauh maupun lampu dekat dengan bentuk berupa tua.

Mengatasi Switch Lampu Mobil Bermasalah

Ada kalanya memang terjadi masalah pada switch lampu mobil seperti misalnya, lampu tidak menyala sama sekali ataupun saat menyalakan lampu ( head lamp ) jarak dekat, lampu jarak jauh juga ikut menyala padahal masih dalam keadaan standar tidak ada penambahan relay sama sekali.
Tentunya hal tersebut sangat berbahaya, selain menimbulkan panas berlebih karena pada 1 bola lampu menyala 2 elemen juga kabel lampu ataupun tuas lampu dapat meleleh. Bahkan bola lampu pun dapat meletus atau pecah. Oleh sebab itu, hal ini tidak boleh dianggap remeh dan harus segera ditangani.



Caranya adalah lepaskan terlebih dahulu tuas saklar lampu dari tempatnya. Setelah itu cek bagian relay apakah ada yang terbakar atau tidak. Jika ada yang terbakat maka anda hanya perlu mengganti relay saja. Akan tetapi jika tidak ada yang terbakar, anda harus mengecek bagian tuas saklar lampu tadi.

Bersihkan seluruh bagian yang berkerak pada saklar lampu, setelah itu jika ada bagian yang meleleh, tambahkan sedikit timah dan beri sedikit grease agar tidak cepat aus. Jika sudah, pasangkan kembali saklar lampu pada posisi semula lalu cek apakah saklar sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

Nah, walaupun bentuknya tidak terlalu besar, akan tetapi switch lampu mobil memegang peranan sangat penting, utamanya untuk keselamatan pengemudi. Oleh sebab itu penting sekali merawat saklar lampu dengan baik, jangan pernah membuat posisi saklar dalam keadaan menggantung karena akan cepat rusak. Jika sudah rusak jalan satu-satunya hanya menggantinya dengan saklar baru yang tentu harganya cukup mahal.


No comments:
Write comments