26 July 2017

Penyebab Leher Tabung Retak yang tidak Disangka-sangka

 

Penyebab leher tabung patah - Salam soldir, sekedar mengeluarkan uneg-uneg di dalam hati saya tentang tuduhan boss saya katanya saya yang matahkan leher tabung tv ukuran 29 inci merek polytron. Karena saya hanya seorang kariawan maka tidak berkuasa untuk membela diri, padahal diri saya tidak melakukan hal tersebut. Sakit memang dituduh namun kita tidak melakukanya. Bos saya memang minim pengalaman mengenai duni elektronik,yang dia tahu hanya hasil sevisan yang penting jadi uang.

Setelah kejadian itu saya pun mencari penyebab patahnya leher tabung yang terjadi pada TV crt slim. Waktu itu saya belum menemukan secara pasti apa penyebabnya, terlintas dalam fikiran saya bahwa leher tabung tersebut patah disebabkan oleh beban defleksi yoke yang lmayan besar karena ukuran tabungnya 29 inci, ketika dibawa ke bengkel terguncang sehingga leherpun patah.

Dua tahun kemudian saya mengalaaminya lagi kali ini terjadi pada TV LG slim ukuran 21 inci. Pada awalnya TV ini bermasalah mati total lampu indikator berkedip. Setelah saya cek ternyata demper horizontal short. Lalu saya mengganti demper horizontal dengan yang baru ternyata demper horizontal koit lagi. Ternyata capasitor resonant horizontal berubah nilainya. Inilah biang kerok demper horizontal jeboll terus. Namun yang terjadi setelah saya ganti, ada yang aneh dari TV lg ini yaitu leher tabung bercahaya ping, ini tandanya tabung tersebut rusak. Padahal tadinya baik-baik saja.

Setelah berfikir panjang lalu saya teringat pada kilap cahaya di dalam defleksi yoke, pada saat mencoba menyalakan TV dipenggantian demper pertama tadi. Kemudian saya membuka defleksi yoke, benar saja ternyata leher tabung tersebut ada retakan sedikit seperti di pukul benda tumpul. Pantas saja tabung ini memancarkan sinar ping yang berarti sudah bocor.

Diri saya menyimpulkan bahwa penyebab keretakan leher tabung crt bukan karena kelebihan beban defleksi yoke namun disebabkan oleh shortnya capasitor resonansi horisontal atau capasitor yang terhubung langsung dengan collector demper horizontal, biasanya ditandai dengan shornya horizontal secara terus menerus. Namun yang menjadi pertanyaan adalah kok bisa shortnya capasitor bisa mematahkan leher tabung.? Lalu datangnya kilat itu dari mana? Apa dari flyback?  Apa dari arus defleksi horizontal? Masih menjadi misteri yang perlu dipecahkan..

Ini menjadikan pembelajaran buat saya pribadi bahwa jika besok ada kerusakan serupa mungkin lebih hati-hati agar kerusakan leher tabung patah atau retak bisa dihindari.

Jika dilihat secara pasti penyebab pasti dari masalah ini apa benar ini atau bukan yang pasti ini adalah pengalaman pribadi jika ada pendapat lain yang berbeda monggo di diskusikan. Trimakasih!

Baca juga; 
Cara membuang sisa tegangan tinggi

Kerusakan tabung crt yang jarang diketahui orang

No comments:
Write comments