21 July 2017

Perbedaan TV LCD,LED, dan Plasma

 

Perkembangan teknolgi memang tak  kan ada habisnya, setiap detik manusia berlomba-lomba mengembangkan teknologi terutama TV. Jenis-jenis televisi kini telah berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini. Yang menjadi perhatian kita adalah TV CRT yang semula berat, besar, memakan tempat kini telah diubah menjadi ringan dan tipis tentu bukan teknologi crt lagi. Bahkan beberapa merek ternama sudah menghentikan produksi TV crt.

Jenis TV yang berkembang saat ini ialah jenis TV lcd dan plasma TV. Sekarang saya akan sedikit memberi gambaran mengenai perbedaan antara lcd TV dan plasma TV bserta kekurangan dan kelebihan masing-masing.

1. Plasma TV
TV jenis ini merupakan trobosan teknologi dari layar yang terbuat dari plasma. Jenis TV plasma lebih mirip pada layar tabung crt untuk kualitas kontras.  Dibanding  lcd TV plasma lebih unggul. Untuk segi sudut pandang plasma TV juga tidak memiliki batasan. Ini juga menjadi keunggulan plasma TV.  Kekurangan dari plasma TV ialah pada daya yang digunakan lebih boros dibanding lcd.

2. LCD TV
LCD saat ini sudah banyak digunakan berbagai bidang elektronik misalnya TV, monitor komputer maupun laptop. Kini layar lcd sudah mendominasi sebagai tampilan komputer, laptop, notebook, tak terkecuali TV dikarenakan oleh kosumsi daya yang lebih rendah. nah kali ini yang sedang kita bahas adalah TV LCD.

Kepanjangan dari LCD ialah liquid crystal display yang artinya penampil cristal cair sebagai tampilanya. Teknologi terbaru saat ini yang berkembang adalah TV LED. Jika anda membeli TV LCD maka hal yang perlu ketahui adalah  teknologi yang digunakan. LCD dan LED sebenarnya sama, namun penerangan layar yang digunakan itulah yang membedakan. Jika di fitur tidak menggunakan LED  berarti penerangan layar yang digunakan adalah lampu ccfl. Sedangkan jika di fitur tertulis LCD/LED maka penerangan layar yang digunakan adalah LED. Yangmana penerangan menggunakan LED lebih hemat energi dibanding menggunakan lampu ccfl. Maka dari itu sekarang ini yang banyak digunakan untuk menerangi layar menggunaka LED untuk asumsi lebih hemat energi..

Setiap TV memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Tentu sebagai pengguna yang diharapkan adalah keawetan, dan kualitas barang. Yang terpenting dalam sebuah televisi adalah kualitas gambar, dan hemat energi, meski apapun mereknya, apapun teknologi yang digunakan.

Demikian semoga menambah wawasan anda mengenai perbedaan LCD dan Plasma TV.  Terimakasih!!

No comments:
Write comments