24 July 2017

Servis TV Cina Layar Menyempit Mendatar

 

Servis TV Cina menyempit mendatar - Lebaran Hari Ke 4 saya suda dapet orderan servis televisi ukuran 21 inci merek polytron dengan gejala raster hanya mendatar horizontal sisa sekitar 5 CM. 

Setelah TV saya buka ternyata mesin yang digunakan sudah diganti dengan mesin wecom. Kata pemilik TV tersebut mengatakan bahwa TV polytron ini sudah mati pada saat usianya 5 Bulan dan masih garansi namun karena nota pembelian sudah hilang maka garansi sudah tidak berlaku lagi. Dengan terpaksa TV tersebut harus di servis namun bayar.  Setelah diservis ternyata mati lagi dengan begitu pemilik TV tersebut memutuskan agar ganti mesin saja.

TV bertahan satu tahun saja, setelah itu TV kembali berulah yaitu menyemppitnya bagian atas dan bawah dan hanya menyisakan layar membuka sekitar 5cm.

Setelah mengetahui sejarah TV tersebut saya langsung mencari Sumber kerusakan. Langkah awal yang saya lakukan adalah mengamati kompponen pada bagian blog ic vertikal dengan no la 78040.  Benar saja nampak ada sebuah elco pumpup ukuran 100seperti V mengembung. Setelah ketemu. saya mengganti elco tersebut dengan yang baru. Ternyata setelah saya coba nyalakan mau membuka namun kurang penuh. Awalnya saya berencana melakukan adjust lewat factory mode, namun ternyata sensor dan remotnya sudah rusak. Akhirnya saya memutuskan untuk menyetel secara manual dengan megganti resistor di bagian elco pum up yang terhubung dengan ground. Akhirnya layar TV tersebut mau mebuka penuh.

Apabila digambarkan skemanya seperti gambar di bawah.

Keterangan :

Saya memparalel R1 dengan resitor ukuran 20ohm sehingga mau membuka.

Demikian cerita saya di lebaran ke 4 menangani TV Cina raster kurang penuh atas dan bawah. Semoga cerita saya menjadi refrensi rekan smuanya. Trimakasih!!

Baca juga;  cara mudah menangani TV satu garis horizontal

No comments:
Write comments