27 July 2017

Servis TV Mode AV tidak Berfungsi

 

Bebarbagai permasalahan TV yang paling sering terjadi adalah tidak berfungsinya mode av tidak dapat menampilkan gambar input. Nah dalam kasus ini sekarang kita bahas secara mendalam apa saja sih pebyebabnyaa? Berikut beberapa masalah yang sering saya alami.

1. Gambar bergelombang di bagian tengah

Pertama sebelum membuka TV coba ganti dulu kabel rca dengan kabel yang lainya. Jika belum teratasi maka merabat ke bagian dalam TV.
Hal ini disebabkan oleh kurangnya tegangan penyuplay ic input video. Atau kadang disebabkan oleh molornya resistor pembatas pada bagian input av. Biasanya kalau saya mengganti elco input yang berukuran 0,47uf50v.

2. Mode av tidak ada

Beberapa kasus kadang juga terjadi modo av tidak ada meski sudah di pencet di remot berkali-kali. Penyebab paling sering adalah rusaknya ic memori. Kasus ini sering terjadi pada TV polytron keluaran anyar.

3. Mode av ada namun tidak berfungsi

Kerusakan ini disebabkan oleh ic jungle. Namun sebelum memastikan ic jungle ini rusak maka pastikan dulu komponen yang bekerja sebagai input. Misalnya yaang menggunakan ic av. Cara memastikan ic jungle rusak yaitu carilah data site yang berfungsi sebagai inpput video. Setelah ketemu coba nyalakan TV dan sentuh ppada pin yang berfungsi sebagai input video. Jika ada reaaksi getaran pada layar maka ic jungle dalam keadaan baik. Mungkin kerusakan terjadi pada komponen pendukung misalnya resistor pembatas, elco input, ic video av. Namun jika tidak ads respon  pada layar, maka dipastikan ic jungle rusak.

* agar mencari jalur input av mudah maka do urutkan dari soket rca.

Smoga membantu bagi yang sedang mencari permasalahan servis TV av tidak berfungsi. Trimakasih"!

Baca juga: cara servis tv crt layar gelap

No comments:
Write comments