20 July 2017

Servis TV Polytron Mati dan Hidup Sendri

 

Servis tv polytron u-slim ukuran 21 inc  dengan gejala kadang  mati sendiri -Beberapa hari yang lalu saya mendapat job panggilan servis TV ke tetangga desa. Kata usernya tv polytron tersebut gejala awalnya hidup sebentar sampai Logo lalu mati lagi ke mode stanby. Dengan kata lain TV polytron tersebut dalam keadaan protect.

Sesampai di TKP benar adanya TV tersebut memang protek. Tak perlu fikir panjang langsung saya bukak tv tersebut. Pertama pengamatan kompponen dan soldiran. Komponen saya lihat tidak ada yang mencurigakan, namun solderab terlihat retak-retak terutama ppada bagian kaki ic vertikal. Mungkin ini biang kerok protek retaknya solderan di kaki vertikal. Seperti yang saya tahu bahwa letak proteksi pada tv polytron terletak pada bagian vertikal.

Setelah saya sodering ulang ternyata hasilnya masih tetap sama yaitu  masih protek. Kemudian saya mencoba mengganti elco 1 uf50v. Dan hasilnya TV normal kembali. Tv saya tutup ,akhirnya bayaran.

Selang tiga hari kemudian user tersebut datang lagi kerumah, namun dengan gejala berbada.  Kali ini TV polytron tersebut mati total, led indikator standby pun tidak menyala. Lalu saya menuju ke rumah user. Namun sesampai di rumah user TV tersebut sudah hidup kembali. Kata usernya sih hidup sendiri karena kemarin saat mati tombol powernya tidak di matikan .TV mati suri hahaha.

Tv tidak saya buka, hanya saya tunggu beberapa jam ternyata tidak mati lagi. Kemudian saya kembali pulang dengan harapan TV tersebut tidak mati lagi.

Namun, beberapa hari kemudian TV polytron mati total lagi. Hadeh, TV ribet. Spekulasi saja karena saya pernah mengalami gejala yang sama pada TV sharp yang ternyata STR nya setengah mati. Namun bedanya pada TV polytron u-slim ini menggunakan ic kaki tiga dengan no FQPF 7n65C.

Setelah penggantian ic regulator fqpf7n65c ini sampai sekarang tidak mati lagi. Semoga awet selamanya.

Demikian kawan catatan saya mengenai servis TV polytron u-slim mati sendiri, kemudian hidup sendiri. Semoga bisa menjadi referensi rekan servis TV sekalian. Terimakasih!

No comments:
Write comments