20 July 2017

Servis TV SANYO Flyback Bocor

 

Kali ini saya mendapat servisan TV sanyo ukuran 14 inci dengan gejala mati total, lampu indikator standbay menyala berkedip-kedip.

Pertama yang saya cek adalah demper horizontal yang ternyata short. Kemudian coba saya ganti dengan demper normal, alhasil TV pun menyala normal.  Namun beberapa saat kemudian terdengar suara ledakan kecil di bagian badan flyback, TV pun saya matikan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah terutama demper horizontal.

Awalnya saya pikir flyback bocor pada bagian cop flyback, kemudian.
Saya mencopot demper horisontal lalu saya ukur b+115 vol terukur normal.
Kemungkinan besar ini bocor pada bagian badan flyback. Benar dugaan saya setelah saya coba nyalakan ternyata ada kebocoran terjadi pada bagian badan flyback dengan ditandai keluarnya percikan api di badan flyback.
Kerusakan flyback bocor pada bagian badan memang sangat sulit untuk diatasi, kecuali mengganti flyback tersebut. Meski seharusnya bisa di tambal menggunakan lem namun menurut pengalaman saya pribadi tindakan tersebut tidak awet. Oleh karena itu saya putuskan untuk menggantinya dengan flyback yang baru.

TV sanyo ukuran 14 inc ini menggunakan flyback dengan no seri
Bsc 26-2638s. Karena TV merek sanyo ini produk Jepang ternyata di kota saya kebetulan tidak ada yang jual. Setelah berkekeliling kota Temanggung tidak juga mendapatkan no seri yang persis, saya memutuskan untuk mencari persamaan flyback Bsc 26-2638s persisnya urutan kaki pin sbb:


H..b+..lowb..video..afc….nc..abl..nc…heat…gnd

Setelah searching di google saya mendapatkan beberapa seri yang sama yaitu;

L40b15300,L40b17100,jf0501-32611,jf0501-32639,.

No seri tersebut merupakan flyback TV sanyo ukuran 21inc. Setelah saya mendapatkan dari salah satu no seri di atas kemudian saya coba pasangkan. Sebelumnya belum pernah memasang flyback beda seri tanpa ragu saya mencoba eksperimen ini. Alhamdulillah TV pun mau bekerja dengan flyback untuk ukuran 21 inci. Ini menjadi pengalaman baru buat saya sendiri.
Namun tidak semulus itu penggantian flyback dengan no seri berbeda, TV bisa bekerja namun layar samping dan atas bawah menyempit. Masalah kurang lebar saya atasi dengan menu servis dengan cara menekan tombol menu pada remot dan tombol volume up pada TV secara bersamaan. Karena yang bisa diadjust hanya bagian atas bawah maka saya harus mengubah menyeting lebar samping kiri kanan secara manual. Yaitu dengan cara mengubah nilai capasitor pump horizontal berukuran 474n saya seri dengan c ukuran 394 alhasil layarpun lebar normal.
Kesimpulan dari pengalaman saya diatas adalah:

Penggantian flyback dengan seri berbeda urutan kaki sama bisa bekerja normal namun, belum tentu tampilan layar normal. 

Demikian sharing saya menangani TV sanyo dengan kerusakan flyback bocor. Semoga bisa menjadi refrensi sobat sekalian.

No comments:
Write comments