24 July 2017

Teknologi INVERTER LG

 

Teknologi pendingin udara inverter LG - Produsen vendor korsel elektronik LG baru-baru ini menggencarkan teknologi barunya yaitu teknologi inverter. Perlu anda tahu bahwa teknologi ini berfungsi untuk lebih hemat energi namun tidak mengganggu kenyamanan penggunaan. Dengan kata lain teknologi ini cukup efektif untuk saveing energi namun tidak mengurangi fungsi dari alat tersebut.

Tak tanggung-tanggung LG dengan inovasi yang diterapkan pada pendingin udara, mengklaim bahwa teknologi inverter ini mampu menghemat daya sebesar 60%.

Kunci pengembangan teknologi inverter besutan LG ini terletak pada sirkuit ic prosesor yang di tanam tepat di kompresornya.

Jika dilihat dari sistim kerjanya teknologi ini menggunakan sistim pengubahan arus AC menjadi DC. Berbeda dengan pendingin udara lainya yang menggunakan teknologi konvensional yaitu bekerja di arus AC.

Adanya perubahan arus ac ke dc ini mendukung kinerja komppresor memungkinkan bekerja setabil sesuai kebutuhan pengguna.

Cara kerja komppresor ini pun terbilang cukup flexible menyesuaikan suhu ruangan sehingga gerakan kompresor menyesuaikan dengan suhu yang didapatkan sinyal sensor suhu yang dikirim ke ic prosesor untuk mengontrol kompresor. Jadi jika suhu sudah mencapai yang di inginkan maka kompresor akan berhenti. Jika suhu ruangan naik maka kipas akan berputar lagi dan begitu seterusnya.

Menurut saya pribadi mengenai teknologi yang di terapkan oleh lg ini cukup efektif untuk lebih hemat energi dibanding pendingin udara lainya yang bekerja secara konvensional. Seperti yang kita tahu bahwa pendingin ruangan bekerja pada jangka waktu yang cukup lama. Jika teknologi ini di terapkan di pendingin udara maka akan menghemat tagihan listrik.

Yang menarik dari inovasi lg ini adalah sensor suhu yang bekerja mengontrol suhu ruangan yang tetap stabil. Dengan kata lain AC ini bekerja automatic. Itu artinya teknologi inverter yang di kembangakan ole LG ini mampu menghemat energi namun tidak mengurangi kenyamanan pengguna.

Menurut penelitian secara independen yang di lakukan oleh universetas Indonesia teknik elektro menuturkan bahwa teknologi inverter yang di terapkan pada pendingin udara memakan daya sebesar 1,4627 kwh dalam kurun waktu 8jam. Starting awal dengan suhu 24°C dapat di capai dalam 7 menit. Jika di pakai oleh pengguna yang memiliki kapasitas listrik 2200 wat maka akan memakan biaya sebesar rp 1000 per hari.

Menurut artikel yang bersumber dari. LG.com menuturkan bahwa LG akan terus berinovasi tidak hanya berhenti pada teknologi enverter. Tentu konsumen slalu mengharapkan yang terbaik.

Itulah sedikit pemahaman teknologi inverter LG menurut soldiradem blog.
Smoga bermanfaat.

Sumber : LG

Baca juga: perbedaan TV plasma, lcd dan led

No comments:
Write comments