21 July 2017

Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Teknisi Elektronik

 

Sebagai penjual jasa tentu kita sebagai teknisi elektronika tidak selamanya menggantungkan penghasilan dari berjualan jasa, karena yang namanya jualan kadang sepi kadang juga ramai. Dalam rangka mengatasi income  agar tetap stabil kita butuh yang namanya usaha sampingan. Lalu apa usaha yang cocok untuk teknisi elektronika?  Berikut ini adalah beberapa usaha yang bisa disampingkan menurut pengalaman pribadi saya sendiri yang terbukti efektif.

Bisnis sampingan untuk teknisi

1. Budidaya ikan lele

Bisnis yang ini cocok bagi yang mempunyai pekarangan luas, hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuat kolam ikan lele. Ikan lele sangat mudah untuk segi perawatan, karena kita hanya memberi makan pada pagi dan sore. Bisa dikesampingkan sehingga sangat cocok untuk sampingan jika hanya kelas budidaya.

2. Jual beli elektronik scon

Karena biground kita sebagai seorang teknisi electronics tentu hal ini sering kita temui setiap saat . Untuk. Mendapatkan barang juga mudah,   kita cukup menanyakan pada setiap user yang datang pada bengkel kita. Untuk menjualnyapun kita mempunyai pasar yang sama yaitu user yang kiranya butuh barang scon ketika barang yang mereka punya tidak dapat di perbaiki. Untuk sekarang ini mungkin yang masih laku adalah TV, maupun hp, sehingga tidak semua bisa disconkan seiring perkembangan teknologi yang semakin maju dan harga baru semakin murah. Dalam hal kualitas kita bisa memilih kira-kira barang tersebut masih bisa dijual atau tidak, masih berlaku atau tidak, oleh karena itu kita harus pintar-pintar memilih barang.

3. Budidaya jamur kuping

Usaha sampingan yang ketiga adalah jamur kuping. Jamur kuping sangat cocok bagi kita yang mempunyai ruangan kosong dan tentu tidak terlalu panas. Karena jamur kuping tumbuh baik pada tempat yang sedikit lembap. Untuk mendapatkan baglog bisa membeli secara online maupun mencari pembuat baglog jamur didaerah kita. Klau tidak salah harga perbaglog sekitar  dua ribuan. Untuk segi perawatan pun cukup sederhana dan mudah. Kita cukup di tuntut untuk. Menyiram jamur pada pagi dan sore itupun kalau cuaca sedang terik, ketika musim penghujan kita cukup siram satu kali.  Tergantung dari cuaca karena tergantung kondisi jamur itu. Sendiri.

4. Jualan pulsa

Ini bisnis yang pling mudah dilakukan, kita cukup mencari agen pulsa kemudian kita menjualnya. Modalnyapun ckup 100 ribu aja kita sudah bisa memulai usaha tersebut. Hal yang menjadi kendala pada bisnis ini adalah hutang, maka ketika anda ingin berjualan pulsa tidak menerima bon, agar usaha tetap berjalan lancar. Target pasarnya pun luas karena sekarang ini spedo listrik juga menggunakan pulsa sehingga selain pulsa hp kita juga jual token pulsa listrik.

4. Ternak kambing

Usaha ini cocok buat kita yang hidup di kampung, sehingga kita dengan mudah mendapatkan suplay rumput. Namun jika anda yang mempunyai modal cukup banyak anda bisa menitipkan hewan ternak kepada orang. Untuk masalah keuntungan dibagi dua dengan orang yang merawat. Tentu bisnis ini sangat menguntungkan bagi anda yang punya banyak modal. Resiko dari bisnis ini adalah penyakit hewan ternak. Namun kemungkinan kecil. Tergantung dari bibit anakan kambing.

5. Jualan peralatan listrik

Mungkin hal ini cocok bagi anda yang mempunyai bengkel di pinggir jalan sehingga sangat bagus untuk target pasar menjual peralatan listrik. Untuk modal jika tidak ingin modal terlalu banyak anda menyisakan uang untuk diinvestasikan pada barang peralatan listrik. Seiring berjalannya waktu pasti ada seles yang mau menitipkan barangnya di tempat anda. Bahakan suatu saat ini akan menjadi usaha utama anda. Kunci dari berjualan alat listrik ini adalah menjual yang cepat laku, sehingga perputaran modal pun lancar.

Itulah beberapa gambaran bagi kita seorang teknisi elektronik. Sebenarnya masih banyak usaha sampingan yang lainya  disini saya hanya memberi sedikit gambaran sesuai dengan pengalaman saya pribadi.

Terlepas dari topik yang sedang kita bahas ini adalah kita sebagai teknisi elektronik harus bisa mencari income lebih dari sekedar menjadi seorang teknisi.  Kreatif adalah intinya.

Demikian tulisan saya mengenai bisnis sampingan untuk teknisi electronik yang sedikit amburadul, semoga menjadi inspirasi bagi rekan sekalian. Semoga kita selalu diBerikan kemudahan Rizki amin......!!

No comments:
Write comments