09 August 2017

Beragam Jenis dan Model Soket Kabel Mobil

 

Jenis dan model soket kabel mobil memang sangat beragam bentuknya. Sebagai pecinta otomotif, mengetahui  beragam jenis soket mobil menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Soket yang juga dikenal dengan sebutan konektor, sebenarnya sangat berhubungan dengan berbagai sistem kelistrikan, tak hanya di mobil saja. Soket atau konektor ini terdiri dari berbagai elemen yang tak bisa dipisahkan antara elemen satu dengan yang lain. Elemen tersebut antara lain Male Terminal, Female Terminal, Plug Housing, Receptable Housing, Vertical Header dan Right Angel Header. Dari beberapa sumber yang telah berhasil dihimpun, berikut akan diulas beberapa jenis dan model dari soket kabel mobil maupun yang tak ada di mobil.

Jenis-Jenis Soket


1.      Array Sockets

Array sockets merupakan jenis soket yang biasa digunakan pada prosesor komputer guna menghubungkan prosesor dengan PCB. Sesuai dengan nama yang disandangnya, soket ini dibekali dengan pin yang memiliki sumbu x dan sumbu y. Array sockets sendiri terdiri dari Ball Grid Array Socket, Land Grid Array Socket dan Pin Grid Array Socket.

2.      Audio and Video Connectors

Jenis konektor yang satu ini khusus digunakan untuk keperluan audio atau video. Soket jenis ini akan membawa sinyal audio atau video baik berupa digital atau analog. Untuk mencegah noise, audio and video connectors ini menggunakan shielded cables. DIN, mini-DIN, RCA, Phone Connector, VGA merupakan sebagain dari penggunaan soket jenis A/V connectors ini.

3.      Battery Connector

Sesuai dengan namanya, soket atau konektor ini memang dikhusukan untuk baterai. Power connector Molex merupakan salah satu contoh battery connector yang sering digunakan.

4.      Binding Post
Konektor yang terdiri dari satu batang yang dihubungkan dengan satu kabel ini bisanya digunakan pada elektronic test equipment.

5.      Circular Metal Shell Connectors dan Circular Palstic Connectors
Keduanya sama-sama konektor yang berbentuk lingkaran dan terdiri dari banyak pin. Yang membedakan, yang satu berbahan metal, dan yang satu berbahan plastik.

6.      DC Power Connectors

Konektor ini dikhusukan untuk menyuplai DC power.
Sebenarnya masih banyak jenis soket atau konektor yang ada, misalnya saja DIN Connector, DIP Header, D-Subminiature Connectors, Edge Connectors, Fiber Optic Connectors, Filtered Connectors, Fused Connectors, Hardmetric Connectors, Heavy Duty Power Connectors, Hermetic Connectors, Insulation Displacement Connectors, Jumpers, LIF and ZIF Connectors, Mezzanine Connectors, Microminiature Connectors, Push On and Quick Disconnect Connectors, Triaxial Connectors, Coaxial Connectors, Single in Line Pin Connectors dan masih banyak lagi. Kesemuanya memiliki fungsi khusus dan spesifikasinya masing-masing.

Model Soket


1.      Soket Lipat

Sesuai dengan namanya, pemasangan kabel pada soket tipe ini cukup dengan dilipat dan ditekan saja. Akan tetapi, part ini hanya diperuntukkan untuk menghubungkan satu kabel saja. Kelebihan jika menggunakan soket tipe ini yaitu dinilai lebih dinamis, karena sambungan bisa dibuat garis lurus atau sejajar. Soket ini sangat cocok jika digunakan untuk kabelkelistrikan tipe DC. Soket model ini dijual murah, hanya seribu rupiah dan bisa Anda dapatkan di toko-toko kabel pada umumnya.

2.      Soket Colok
Soket colok biasa digunakan agar sambungan kabel lebih rapi. Part ini terdiri dari berbagai jenis model, sesuai dengan kebutuhan pemakaian kabel.

Itulah ulasan singkat mengenai jenis dan model soket kabel mobil maupun yang tak ada di mobil. Semoga informasi tentang beragam jenis dan model soket kabel mobil tersebut bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda di bidang kelistrikan.

No comments:
Write comments